Memahami Konsep Riba dalam Peminjaman Uang, Apakah Meminjam Uang di Bank Termasuk Riba Jahiliyah?

Huda Nuri

Memahami Konsep Riba dalam Peminjaman Uang, Apakah Meminjam Uang di Bank Termasuk Riba Jahiliyah?
Memahami Konsep Riba dalam Peminjaman Uang, Apakah Meminjam Uang di Bank Termasuk Riba Jahiliyah?

Meminjam uang apakah termasuk riba?

Saat seseorang meminjam uang, tentu saja ia harus membayar bunga atau imbalan atas pinjamannya. Namun, ada beberapa jenis bunga yang dilarang oleh Islam, yaitu riba.

Apa itu riba?

Riba adalah penambahan nilai yang tidak adil pada uang atau barang yang dipinjamkan. Riba dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti riba dalam pengambilan dan pemberian utang, jual beli, maupun hibah.

Meminjam uang di bank

Banyak orang yang meminjam uang di bank untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti membeli rumah, kendaraan, atau untuk modal usaha. Namun, apakah meminjam uang di bank termasuk dalam riba?

Menurut pandangan Islam, meminjam uang dengan membayar bunga atau biaya tambahan yang tidak adil adalah termasuk riba. Namun, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dalam situasi darurat, meminjam uang di bank tetap dibolehkan selama tidak menggunakan produk keuangan yang berbasis riba.

Riba jahiliyah

Riba dalam Islam terbagi menjadi dua jenis, yaitu riba jahiliyah dan riba modern. Riba jahiliyah terjadi pada masa sebelum Islam atau dikenal sebagai riba zaman jahiliyah.

Riba jenis ini dapat terjadi ketika seseorang tidak bisa mengembalikan uangnya setelah jatuh tempo, sehingga ia harus membayar kelebihan. Hal ini dapat merugikan kedua belah pihak, baik pemberi utang maupun peminjam.

Oleh karena itu, Islam melarang riba dalam bentuk apa pun dan mempromosikan transaksi yang adil dan saling menguntungkan dengan prinsip syariah.

Alternatif meminjam uang

Bagi yang ingin meminjam uang secara syariah, beberapa alternatif yang bisa dipilih antara lain:

  • Pinjaman tanpa bunga – Beberapa yayasan atau lembaga keuangan syariah menawarkan program pinjaman tanpa bunga untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan dana tunai
  • Investasi syariah – Investasi syariah adalah pilihan lain yang bisa dipertimbangkan karena syariah lebih mengutamakan keadilan dan keuntungan bersama
  • Tabungan syariah – Jika ingin mempersiapkan dana kebutuhan di masa depan, tabungan syariah bisa menjadi alternatif yang baik karena keuntungannya didapatkan tanpa melanggar prinsip syariah
BACA JUGA:   Sistem Mudharabah: Benarkah Merupakan Riba? Simak Penjelasannya!

Kesimpulan

Meminjam uang termasuk aktivitas yang umum dilakukan oleh masyarakat saat ini. Namun, Islam melarang penggunaan riba dalam bentuk apa pun, termasuk bunga bank. Sebagai alternatif, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih seperti pinjaman tanpa bunga, investasi syariah, dan tabungan syariah. Selain mendapatkan manfaat keuangan yang adil, penggunaan produk keuangan syariah juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags