Memakai Perhiasan Bagi Seorang Perempuan Hukumnya: Pandangan Islam

Huda Nuri

Memakai Perhiasan Bagi Seorang Perempuan Hukumnya: Pandangan Islam
Memakai Perhiasan Bagi Seorang Perempuan Hukumnya: Pandangan Islam

Dalam dunia fashion, perhiasan adalah salah satu hal yang penting bagi seorang perempuan. Beberapa wanita memakai perhiasan sebagai penambah kecantikan, sedangkan yang lain memakainya sebagai simbol status sosial. Namun, seorang muslimah harus mengetahui apakah memakai perhiasan bagi seorang perempuan hukumnya atau tidak.

Mengenal hukum Islam dalam memakai perhiasan

Dalam Islam, perhiasan memiliki dua aspek. Pertama, ia adalah barang mencolok yang terdapat di tubuh kita, yang bisa membuat kita mudah dikenali. Kedua, perhiasan bisa digunakan sebagai alat untuk menunjukkan status sosial kita. Perhiasan bisa menjadi sebuah simbol kekayaan dan keberuntungan, namun juga bisa menjadi tanda kasih sayang.

Namun, apakah memakai perhiasan bagi seorang perempuan hukumnya menurut Islam? Jawaban atas pertanyaan ini sepenuhnya bergantung pada niat dan tujuan seorang muslimah dalam menggunakan perhiasan tersebut.

Seorang muslimah harus sadar bahwa memakai perhiasan yang indah dan mahal bisa saja membuat dirinya terjerumus dalam dosa. Hal ini dikarenakan niat dan tujuan penggunaan perhiasan tersebut. Jika tujuannya untuk menarik perhatian laki-laki, maka langkah tersebut tidaklah benar dan termasuk ke dalam dosa.

Hikmah di balik larangan memakai perhiasan untuk tujuan yang salah

Menurut pandangan Islam, perhiasan adalah hal yang serbaguna dan bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk untuk menambah kecantikan, menunjukkan status sosial, serta sebagai investasi. Namun, semuanya haruslah digunakan dengan niat yang jelas dan benar, agar tidak menjurus ke dalam dosa dan maksiat.

Salah satu hikmah dari larangan pintar memakai perhiasan dengan tujuan yang salah adalah agar perempuan merasa lebih nyaman dan tenang dalam berperilaku serta tidak terlalu terpaku pada penampilannya. Selain itu, larangan tersebut bertujuan untuk mengingatkan perempuan agar selalu menjaga diri dan tidak sampai terjerat dalam godaan dan maksiat.

BACA JUGA:   Cara Berkomunikasi dengan Calon Mertua

Bagaimana memakai perhiasan secara benar menurut pandangan Islam?

Memakai perhiasan bagi seorang perempuan hukumnya dapat dilakukan, tetapi harus dengan niat dan tujuan yang jelas dan benar. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar penggunaan perhiasan sesuai dengan ajaran Islam, antara lain:

  1. Gunakan perhiasan yang sederhana dan tidak mencolok untuk aktivitas sehari-hari. Jangan sampai perhiasan yang kita kenakan membuat kita terlihat berlebihan dan enggan melakukan aktivitas lain.

  2. Pastikan penggunaan perhiasan kita tidak bertentangan dengan norma-norma sosial dan budaya. Jangan sampai kita terlihat aneh atau mengganggu oranglain.

  3. Jangan pernah menggunakan perhiasan secara berlebihan atau memakainya untuk menarik perhatian lawan jenis.

Kesimpulan

Dalam Islam, memakai perhiasan bagi seorang perempuan hukumnya halal, namun harus sesuai dengan niat dan tujuan yang jelas dan benar. Memakai perhiasan bisa sebagai pelengkap penampilan, menambah kepercayaan diri, serta menunjukkan status sosial, tetapi jangan sampai niat dan tujuan penggunaannya salah, mengarah kepada maksiat dan dosa. Oleh karena itu, seorang muslimah harus pandai memilih dan menggunakan perhiasan agar tidak terjerumus dalam kesalahan dan kekhilafan.

Also Read

Bagikan: