Mengapa Islam Melarang Umatnya Berbuat Syirik

Huda Nuri

Mengapa Islam Melarang Umatnya Berbuat Syirik
Mengapa Islam Melarang Umatnya Berbuat Syirik

Syirik adalah suatu perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam. Syirik sendiri dapat diartikan sebagai menyekutukan Allah dengan makhluk-Nya. Hal ini terjadi ketika seseorang melakukan perbuatan yang semestinya hanya dapat dilakukan oleh Allah seperti menyembah berhala atau orang lain selain Allah.

Islam sangat menekankan monotheisme atau kepercayaan hanya kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah. Oleh karena itu, tindakan syirik dianggap sebagai tindakan yang sangat merugikan bagi umat Muslim.

Bahaya Berbuat Syirik

Menurut ajaran Islam, perbuatan syirik sangat berbahaya dan berdampak besar bagi kehidupan umat Muslim. Beberapa dampak yang dapat terjadi akibat melakukan tindakan syirik adalah sebagai berikut:

  1. Meninggalkan agama Islam
    Melakukan tindakan syirik sama artinya dengan meninggalkan ajaran Islam. Jika seseorang melakukan tindakan tersebut secara terus menerus, maka kemungkinan besar dia akan keluar dari Islam.

  2. Tidak Dapat Menerima Pahala dari Allah
    Allah menyatakan bahwa siapa saja yang melakukan tindakan syirik tidak akan pernah menerima pahala dari-Nya. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Maidah ayat 72 yang artinya "Sesungguhnya orang yang menyekutukan Tuhan, maka Allah akan melarang surga baginya dan tempatnya ialah neraka. Tidak ada bagi orang-orang yang menganiaya itu seorang penolongpun".

  3. Mengalami Penyakit Hati
    Berbuat syirik juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyakit hati dan kesulitan dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan perbuatan syirik bertentangan dengan fitrah manusia yang seharusnya hanya percaya kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan.

Keutamaan Menghindari Syirik

Sebaliknya, menghindari syirik dan mempercayai Allah sebagai satu-satunya Tuhan dapat memberikan banyak keutamaan bagi umat Muslim. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

  1. Menjaga Akidah
    Dengan cara menjauhi tindakan syirik, umat Muslim dapat menjaga akidah dan keyakinannya terhadap Allah. Hal ini membuatnya semakin kokoh dalam menghadapi berbagai cobaan dan ujian di dalam hidup.

  2. Memperoleh Kehidupan yang Baik
    Allah menjanjikan umat Muslim pahala yang besar jika mereka mempertahankan keimanannya kepada-Nya. Dalam Surah Al-Ankabut ayat 69, Allah berfirman "Dan orang-orang yang berjuang di jalan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik".

  3. Mendapatkan Perlindungan dari Allah
    Allah melindungi hamba-Nya yang beriman dan menjauhi tindakan syirik. Dalam Surah Al-Ankabut ayat 40, Allah berfirman "Dan orang-orang yang berjuang karena kami, sesungguhnya Kami akan menunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik".

BACA JUGA:   Waktu yang Dilarang untuk Tidur dalam Islam

Kesimpulan

Syirik adalah tindakan yang sangat dilarang dalam agama Islam. Hal ini dikarenakan tindakan syirik merupakan bentuk pengingkaran terhadap Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah. Selain itu, melakukan tindakan syirik juga memiliki dampak yang sangat merugikan bagi kehidupan umat Muslim. Sebaliknya, menghindari tindakan syirik dan mempercayai Allah sebagai satu-satunya Tuhan dapat memberikan banyak keutamaan serta perlindungan dari Allah yang besar. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk menjauhi tindakan syirik dan mempertahankan keimanannya pada Allah.

Also Read

Bagikan: