Menghindari Perbuatan Zina: Kenali Penyebab dan Akibatnya serta Solusinya

Huda Nuri

Menghindari Perbuatan Zina: Kenali Penyebab dan Akibatnya serta Solusinya
Menghindari Perbuatan Zina: Kenali Penyebab dan Akibatnya serta Solusinya

Apa saja penyebab perbuatan zina?

Zina merupakan perbuatan dosa yang sangat dikecam oleh agama dan masyarakat. Hal ini karena zina dapat merusak moral dan nilai-nilai kehidupan manusia. Namun, sayangnya masih banyak orang yang melakukan perbuatan ini meski sudah jelas-jelas dilarang.

Perkara yang menjadi penyebab seseorang melakukan zina bisa bermacam-macam tergantung dari nilai-nilai yang dianut dan situasi yang dihadapinya. Berikut ini beberapa faktor penyebab perbuatan zina yang perlu kita ketahui:

1. Memandang wanita yang tidak halal

Sebagai manusia, kita memang seringkali sulit untuk mengendalikan nafsu kita terhadap lawan jenis yang kita jumpai. Namun, masalah muncul ketika kita terus-menerus memandang wanita atau pria yang tidak halal bagi kita. Hal ini dapat memunculkan perasaan tidak puas dan berujung pada perbuatan zina.

Dalam Islam, memandang orang yang tidak halal bisa membuat hati kita terkontaminasi oleh kemaksiatan dan membuat kita lalai dari tugas-tugas keagamaan. Oleh karena itu, kita perlu berusaha untuk mencegah diri dari melihat orang yang tidak halal, baik itu secara langsung maupun melalui media sosial atau film.

2. Berkhalwat di tempat sepi

Berkhalwat atau berduaan di tempat yang sepi dengan lawan jenis juga termasuk dalam faktor penyebab perbuatan zina. Dalam Islam, berduaan dengan lawan jenis yang tidak halal hanya akan menimbulkan godaan hawa nafsu dan membuat orang menjadi mudah terjerumus pada perbuatan dosa.

Untuk mencegah perbuatan zina, kita perlu berusaha untuk selalu menjaga jarak dengan orang yang tidak halal bagi kita. Jangan biarkan diri kita berduaan dengan mereka di tempat yang tidak aman atau tidak pantas.

BACA JUGA:   Hukum Menikah Saat Hamil karena Zina: Menurut Imam An-Nawawi atau Ibnu Qudamah?

3. Kurangnya rasa takut pada Allah SWT

Ini adalah faktor penyebab perbuatan zina yang paling mendasar. Kurangnya rasa takut pada Allah SWT membuat seseorang mudah terjerumus pada perbuatan dosa. Seorang yang tidak taat pada agama dan menjauh dari ajarannya akan kesulitan untuk mengendalikan hawa nafsunya yang memunculkan perasaan tidak puas.

Oleh karena itu, kita perlu memperkuat akidah kita dengan sering membaca Al-Quran, shalat, dan mengikuti kajian islam agar kita senantiasa dijaga Allah SWT dari perbuatan dosa.

Akibat perbuatan zina

Terkait dengan perkara yang menjadi penyebab seseorang melakukan zina, akibat dari perbuatan zina di dunia dapat memberikan dampak buruk bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sosial. Beberapa akibatnya adalah:

– Melahirkan kefakiran (akan jatuh miskin, kesuksesannya akan jatuh) ia akan menjadi hina.
– Menimbulkan masalah sosial seperti kemaksiatan, perceraian, dan terjadinya penghianatan dalam keluarga.
– Merusak moral dan merusak tatanan budaya yang ada di masyarakat.

Oleh karena itu, melakukan perbuatan zina memang sangat tidak bijaksana dan sangat mengancam nilai-nilai kehidupan manusia serta moral. Kita harus selalu berusaha untuk menjaga diri dari perbuatan dosa ini dan mengikuti ajaran agama kita dengan sebaik-baiknya. Mari kita pelajari dan amalkan nilai kehidupan ajaran agama kita, sehingga diri kita terhindar dari perbuatan dosa dan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Also Read

Bagikan:

Tags