Tata Cara Tasmiyah dan Bacaannya

Huda Nuri

Tata Cara Tasmiyah dan Bacaannya
Tata Cara Tasmiyah dan Bacaannya

Tasmiyah adalah sebuah istilah dalam agama Islam yang merupakan doa atau ucapan syukur kepada Allah SWT sebelum melakukan sebuah kegiatan. Tasmiyah biasa dilakukan sebelum makan, minum, berpakaian, dan kegiatan lainnya yang dilakukan oleh seorang muslim. Adapun bacaan tasmiyah sendiri berbeda-beda tergantung pada kegiatan yang akan dilakukan.

Berikut adalah tata cara tasmiyah dan bacaannya untuk beberapa kegiatan yang umum dilakukan oleh seorang muslim:

Tasmiyah Sebelum Makan

Tasmiyah sebelum makan adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam. Ada beberapa bacaan tasmiyah yang umum digunakan sebelum makan, di antaranya:

  1. Bismillah:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

  2. Alhamdulillah:

    الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَطْعَمنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami orang-orang Islam."

Tasmiyah Sebelum Minum

Tasmiyah sebelum minum juga merupakan kewajiban dalam agama Islam. Berikut adalah bacaan tasmiyah yang umum digunakan sebelum minum:

  1. Bismillah:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

  2. Alhamdulillah:

    الحَمْدُ للهِ الَّذِي سَقَانَا مَاءً عِينًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِنْ بَآئِسِينَ

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memberi kami minum dari mata air dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikannya dari golongan yang celaka."

Tasmiyah Sebelum Berpakaian

Tasmiyah sebelum berpakaian juga merupakan hal penting dalam agama Islam. Berikut adalah bacaan tasmiyah sebelum berpakaian yang umum digunakan:

  1. Bismillah:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

  2. Alhamdulillah:

    الحَمْدُ للهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memberi saya pakaian ini dan menjadikan saya memperolehnya tanpa usaha dan kekuatan dariku sendiri."

Tasmiyah Saat Hendak Tidur

Tasmiyah saat hendak tidur juga penting untuk dilakukan seorang muslim. Berikut adalah bacaan tasmiyah saat hendak tidur yang umum digunakan:

  1. Basmalah:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

  2. Ta’awudz:

    أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

  1. Basmalah dan Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ، قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ، قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ.

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah, Dialah Allah Yang Maha Esa. Katakanlah, aku berlindung kepada Rabb yang menguasai fajar. Katakanlah, aku berlindung kepada Rabb manusia."

Kesimpulan

Tasmiyah adalah sebuah doa atau ucapan syukur kepada Allah SWT sebelum melakukan sebuah kegiatan. Setiap kegiatan memiliki bacaan tasmiyah yang berbeda-beda, seperti tasmiyah sebelum makan, minum, berpakaian, dan saat hendak tidur. Setiap muslim diharapkan dapat mengamalkan tata cara tasmiyah dan bacaannya dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

BACA JUGA:   CARA MENULIS NAMA ORANG YANG SUDAH MENINGGAL

Also Read

Bagikan: