Zina Mata Termasuk Zina Apa? Jawaban Lengkap dan Penjelasan tentang Jenis Zina Al-Laman yang Perlu Anda Ketahui

Huda Nuri

Zina Mata Termasuk Zina Apa? Jawaban Lengkap dan Penjelasan tentang Jenis Zina Al-Laman yang Perlu Anda Ketahui
Zina Mata Termasuk Zina Apa? Jawaban Lengkap dan Penjelasan tentang Jenis Zina Al-Laman yang Perlu Anda Ketahui

Zina mata termasuk zina apa?

Mengenal Zina Al-Laman

Zina adalah perbuatan maksiat dalam agama Islam yang sangat dilarang untuk dilakukan. Namun, tidak semua orang mengetahui definisi zina secara detail, terutama zina mata. Zina mata terkadang dianggap sebagai perbuatan yang tidak terlalu berbahaya, namun kenyataannya, zina mata termasuk dalam salah satu bentuk zina yang dilarang dalam agama Islam.

Zina mata termasuk dalam jenis zina Al-Laman, yang mempunyai arti perbuatan keji yang berkaitan dengan panca indera. Zina Al-Laman terdiri dari beberapa jenis, yaitu zina ain, zina basyar, serta zina lisan.

Zina ain terjadi ketika seseorang memandang lawan jenisnya dengan rasa hawa nafsu. Contohnya, ketika seorang pria melihat seorang wanita dengan pandangan yang tidak senonoh, atau ketika seorang wanita memandang seorang pria dengan rasa hawa nafsu.

Zina basyar terjadi ketika seseorang melakukan perbuatan zina dengan cara menyentuh lawan jenisnya secara seksual. Sedangkan zina lisan terjadi ketika seseorang mengeluarkan kata-kata yang cabul atau mengekspresikan perilaku yang dianggap tidak senonoh.

Pentingnya Menghindari Zina Mata

Mungkin terdapat orang yang meremehkan zina mata dan menganggap perbuatan ini tidaklah berbahaya, namun pada kenyataannya hal ini sangat salah. Zina mata adalah awal dari rangkaian zina lainnya yang lebih buruk dan berdampak besar bagi kehidupan seseorang yang beragama Islam.

Memulai dengan zina mata kemudian merambah pada zina basyar dan zina lisan, tanpa disinari reformasi diri menjadi tidak terkontrol, maka akan menjadi bencana besar pada kehidupan seseorang.

Dalam Islam, orang yang melakukan perbuatan zina akan mendapatkan hukuman yang sangat berat dan menyakitkan. Hukuman tersebut antara lain di dunia, dapat dipisahkan oleh keluarga, dihukum penjara, dicambuk, bahkan hukuman pancung, dan di akhirat akan berakibat kekal di neraka.

BACA JUGA:   Apa Saja Akibat Berzina? Hukuman Rajam Hingga Penyakit Menular Seksual yang Membayangi Pelakunya

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menghindari perbuatan zina mata. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindarinya, antara lain adalah:

  1. Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa
    Salah satu cara terbaik untuk menghindari perbuatan maksiat, termasuk zina mata, adalah meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Dengan meningkatkan iman dan taqwa, maka seseorang akan memiliki kekuatan untuk menolak godaan dan menghindari perbuatan yang dilarang Allah SWT. Mengingat persiapan untuk menghadapi Hari Penghisaban adalah keprihatinan Betapa besar dosa nya nanti apabila sampai terjerumus ke dalam dosa, maka persiapkan diri sebaik-baiknya.
  2. Mengendalikan Pandangan Mata
    Pandangan mata adalah salah satu faktor penting yang berujung pada perbuatan zina mata. Oleh karena itu, kita harus dapat mengendalikan pandangan mata agar tidak terjerumus dalam perbuatan zina mata. Gunakan daya cipta yang diberikan untuk menghindari perbuatan maksiat.
  3. Menghindari Bergaul dengan Teman yang Salah
    Pertemanan sangat mempengaruhi karakter seseorang. Oleh karena itu, ketika kita bergaul dengan teman yang salah, maka kemungkinan besar kita akan terpengaruh dengan karakter buruk yang dimilikinya. Sebaiknya kita memilih teman yang baik dan dapat memengaruhi kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat.
  4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
    Mendekatkan diri kita kepada Allah SWT adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari perbuatan maksiat. Allah SWT adalah tempat berlindung yang paling baik bagi manusia. Dengan dekat kepada Allah SWT, maka kita akan merasa tenang dan terhindar dari godaan yang datang pada diri kita.

Menghindari perbuatan zina mata bukanlah perkara yang mudah, namun dengan niat yang kuat dan usaha yang keras, kita dapat menghindarinya dan menjaga agama serta akhlak kita sebagai seorang muslim. Selalu ingat bahwa Allah SWT selalu melihat kita dan pasti akan memberikan balasan atas perbuatan baik maupun buruk yang kita lakukan.

BACA JUGA:   Mitos atau Fakta: Ayah Bisa Menikahkan Anak Hasil Zina? Menjawab Persoalan Terkait Status Anak dan Fatwa Mazhab Syafi'i

Kesimpulan

Zina mata termasuk dalam salah satu jenis zina yang dilarang dalam agama Islam. Zina mata dapat menjadi awal dari rangkaian zina lainnya yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menghindari perbuatan zina mata. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain meningkatkan kualitas iman dan taqwa, mengendalikan pandangan mata, menghindari bergaul dengan teman yang salah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita dapat menjaga diri kita dari perbuatan dosa, dan selalu dihindari oleh Allah SWT dari berbagai godaan dan cobaan yang datang kepada kita.

Also Read

Bagikan:

Tags