Aurat Perempuan di Dalam dan Diluar Shalat

Huda Nuri

Aurat Perempuan di Dalam dan Diluar Shalat
Aurat Perempuan di Dalam dan Diluar Shalat

Aurat perempuan adalah sesuatu yang perlu dikenali dan dilestarikan, terutama dalam urusan ibadah seperti shalat. Kewajiban untuk menutup aurat berlaku dalam kondisi apapun, baik itu saat sedang shalat atau diluar shalat. Namun, banyak perempuan yang sering kali mengatasi masalah ini secara sepele. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang aurat perempuan di dalam shalat dan diluar shalat.

Pengertian Aurat

Aurat perempuan terdiri dari beberapa bagian tubuh yang wajib untuk ditutupi saat beribadah. Aurat ini meliputi aspek fisik, yaitu seluruh bagian tubuh perempuan yang biasanya dapat membangkitkan keinginan birahi atau nafsu seksual. Aurat perempuan terdiri dari bagian tubuh yang sering disebut dengan aurat syari’ah dan aurat adab.

Aurat syari’ah adalah bagian tubuh yang harus ditutupi seluruhnya oleh setiap perempuan muslim, yaitu bagian tubuh antara perut hingga lutut. Sementara itu, aurat adab meliputi bagian tubuh yang sebaiknya ditutupi, meskipun tidak wajib. Aurat adab perempuan biasanya meliputi leher, kepala, telinga, dan lain-lain.

Aurat Perempuan di Dalam Shalat

Di dalam shalat, aurat perempuan yang harus ditutupi adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan dua telapak tangan. Saat melakukan shalat, seorang perempuan harus mengenakan pakaian yang menutupi auratnya dengan baik, misalnya jilbab dan baju longgar yang panjang.

Selain itu, perempuan harus memastikan bahwa jubah atau pakaian yang digunakan tidak terlalu ketat dan tidak membentuk lekuk tubuh yang bisa memancing nafsu lawan jenis. Pada saat posisi ruku dan sujud, sebagian besar tubuh perempuan akan terlihat oleh orang yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, pakaian yang dikenakan perempuan harus cukup longgar agar sesuai dengan konsep hijab.

BACA JUGA:   Hadits Ummu Athiyah Tentang Menutup Aurat

Aurat Perempuan Diluar Shalat

Selain di dalam shalat, aurat perempuan juga harus diketahui dan diperhatikan oleh setiap muslimah dalam kegiatan sehari-hari. Aurat perempuan di luar shalat meliputi seluruh tubuh bagian kecuali wajah dan telapak tangan.

Sebagai muslimah, kita harus bisa menentukan pakaian yang sesuai dengan aurat syari’ah dan aurat adab. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian, misalnya memilih bahan yang tidak tembus pandang, ukuran pakaian yang pas, dan memilih warna yang tidak mencolok.

Ketika keluar rumah, seorang muslimah harus memakai jilbab atau kerudung untuk menutupi rambutnya dan menutupi bagian tubuh selain wajah dan tangan. Pakaian yang digunakan harus longgar agar tidak memperlihatkan bagian tubuh yang semestinya harus ditutupi.

Kesimpulan

Dalam Islam, aurat perempuan adalah sesuatu yang sangat penting. Aurat harus ditutupi dengan baik tidak hanya ketika sedang beribadah, tetapi juga di luar shalat. Seorang muslimah harus dapat memilih pakaian yang sesuai dengan aturan syari’ah dan adab. Hal ini akan membantu setiap muslimah untuk tetap menjaga diri dan menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslimah. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan wawasan yang bermanfaat bagi setiap muslimah di seluruh dunia.

Also Read

Bagikan: