Aurat Wanita Adalah: Pahami Definisi dan Maknanya

Huda Nuri

Aurat Wanita Adalah: Pahami Definisi dan Maknanya
Aurat Wanita Adalah: Pahami Definisi dan Maknanya

Aurat wanita adalah salah satu hal yang sering dibicarakan dalam agama Islam. Namun, apakah para kaum wanita sudah benar-benar memahami definisi dan makna dari aurat wanita? Mari kita bahas bersama-sama.

Definisi Aurat Wanita

Aurat wanita merupakan bagian-bagian tubuh wanita yang harus ditutupi dari pandangan orang lain, terutama pada saat berinteraksi dengan lawan jenis. Aurat wanita dibedakan menjadi dua bagian, yaitu aurat badan dan aurat kepala.

Aurat Badan

Aurat badan wanita meliputi bagian-bagian tubuh yang harus ditutupi, yaitu:

  1. Bagian dada dan perut mulai dari pusar hingga lutut.
  2. Panggul dan pinggul, termasuk paha bagian atas dan bawah.
  3. Seluruh bagian tubuh wanita kecuali wajah dan telapak tangan.

Aurat Kepala

Aurat kepala wanita adalah rambutnya, sehingga rambut wanita harus ditutupi. Rambut yang keluar dari hijab atau kerudung dapat memperlihatkan aurat kepala dan dilarang.

Makna Aurat Wanita

Makna dari aurat wanita terletak pada perlindungan dari tindakan kejahatan yang mengintai setiap wanita. Aurat wanita dianggap sebagai bentuk perlindungan diri dari tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, perlindungan dari tindakan kejahatan bukanlah satu-satunya makna dari aurat wanita. Makna tersebut juga merujuk pada nilai-nilai keagamaan, moral dan etika. Dalam Islam, aurat wanita adalah simbol kehormatan dan kehalusan bagi wanita. Aurat yang tidak ditutup dengan baik dapat menurunkan derajat serta harga diri seorang wanita.

Pentingnya Memahami Aurat Wanita

Memahami aurat wanita sangat penting bagi wanita Muslim, terutama dalam menjalankan kewajiban-kewajiban agama. Dalam melindungi auratnya, seorang wanita diharuskan untuk menutupinya dengan baju yang longgar dan menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak sehat.

BACA JUGA:   Perintah Menutup Aurat Diperintahkan Allah SWT dalam Surah

Selain itu, memahami aurat wanita juga dapat membantu mencegah tindakan pelecehan seksual serta menjaga kesucian dan ketenangan hati dari wanita tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulannya, aurat wanita adalah bagian-bagian tubuh dan rambut wanita yang harus ditutupi dan melindungi dari tindakan kejahatan yang mengintai. Namun, lebih dari itu, aurat juga memiliki makna dan nilai keagamaan, moral, dan etika yang sangat penting bagi seorang Muslimah. Memahami aurat wanita adalah kewajiban bagi setiap wanita Muslim untuk menjaga kesucian dan ketenangan hati.

Also Read

Bagikan: