Baca Quran Tanpa Menutup Aurat

Huda Nuri

Baca Quran Tanpa Menutup Aurat
Baca Quran Tanpa Menutup Aurat

Pengertian Menutup Aurat

Sebagai seorang Muslim, kita harus mengetahui tentang menutup aurat. Aurat merupakan bagian tubuh manusia yang harus ditutupi baik saat melakukan ibadah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Aurat pada pria adalah bagian dari tubuh mulai dari pusar hingga lutut. Sedangkan pada perempuan, aurat adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Pentingnya Menutup Aurat Saat Membaca Quran

Saat membaca Quran, kita harus memperhatikan aurat kita. Hal ini penting karena membaca Quran adalah ibadah yang paling utama. Sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan satu pahala.". Oleh karena itu, jika kita membaca Quran tanpa menutup aurat, maka ibadah kita tidak akan diterima.

Bagaimana Cara Menutup Aurat Saat Membaca Quran?

Untuk menutup aurat saat membaca Quran, pria harus memakai pakaian yang menutupi dari pusar hingga lutut. Sementara itu, perempuan perlu memakai hijab dan baju yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Hijab harus menutupi seluruh rambut dan leher.

Selain itu, kita harus memperhatikan tempat yang kita gunakan untuk membaca Quran. Kita sebaiknya membaca Quran di tempat yang tenang dan nyaman. Hal ini akan membantu kita memfokuskan diri saat membaca Quran.

Faedah Membaca Quran dengan Menutup Aurat

Membaca Quran dengan menutup aurat memiliki banyak faedah. Pertama, kita akan mendapatkan pahala yang besar karena kita telah melaksanakan ibadah dengan benar. Selain itu, membaca Quran dengan menutup aurat juga akan membuat kita lebih khusyuk saat membaca Quran. Hal ini akan membantu kita memahami makna dari ayat-ayat Quran dengan lebih baik.

BACA JUGA:   Apakah Rambut yang Sudah Dipotong Termasuk Aurat?

Kesimpulan

Menutup aurat saat membaca Quran adalah suatu hal yang penting dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Kita harus menggunakan pakaian dan hijab yang sesuai dengan syariat Islam dan membaca Quran di tempat yang tenang dan nyaman. Dengan membaca Quran dengan menutup aurat, kita akan mendapatkan pahala yang besar dan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah. Oleh karena itu, mari kita perbanyak membaca Quran dan memperhatikan tata cara membacanya dengan benar.

Also Read

Bagikan: