Bagaimana Cara Move On Menurut Islam: Panduan Lengkap

Dina Yonada

Bagaimana Cara Move On Menurut Islam: Panduan Lengkap
Bagaimana Cara Move On Menurut Islam: Panduan Lengkap

Kita semua pernah merasakan sakit hati dan kekecewaan. Hal itu bisa terjadi karena masalah percintaan, persahabatan, pekerjaan, atau bahkan karena cobaan yang diberikan oleh Allah SWT. Tidak masalah bagaimana sumber kekecewaan itu terjadi, yang penting adalah bagaimana kita menanganinya. Dalam agama Islam, ada panduan yang sangat berharga tentang cara move on dari kekecewaan dan rasa sakit hati. Mari kita bahas bersama-sama.

1. Pasrah dan Percayalah pada Allah SWT

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kita mengalami kegagalan adalah pasrah pada kehendak Allah SWT. Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Percayalah bahwa Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi hambanya, meskipun tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 139, tertulis:

"Maka janganlah kamu merasa lemah dan janganlah (pula) bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman."

Mari belajar ikhlas dalam menghadapi cobaan dan mengambil hikmahnya. Jangan pernah menyerah dalam menjalani hidup, karena Allah SWT selalu mendukung kita.

2. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Setelah kita pasrah dan merelakan keadaan, langkah selanjutnya adalah jangan menyalahkan diri sendiri. Ingatlah bahwa kita manusia, tidak sempurna, dan pasti pernah melakukan kesalahan. Tetapi, Allah Maha Pengampun dan Maha Pemaaf. Berusahalah untuk memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT serta orang di sekitar kita.

3. Perbanyak Sholat dan Istighfar

Salah satu cara terbaik untuk move on dari kekecewaan adalah dengan memperbanyak sholat dan istighfar. Sholat adalah sarana untuk mendekatkan diri kita pada Allah SWT dan membuka pintu taubat. Istighfar adalah doa untuk meminta maaf kepada Allah SWT dan menghindari dosa. Dalam Al-Quran surat Al-Muzammil ayat 8, tertulis:

"Maka berdirilah engkau (wahai Muhammad) untuk Allah dengan khusyuk, sedang kamu dalam keadaan taat (kepada-Nya). Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang beriman."

Selain itu, perbanyaklah membaca Al-Quran sebagai sumber inspirasi dan petunjuk hidup. Dengan rajin beribadah, kita akan merasa lebih tenang dan damai dalam menghadapi hidup.

BACA JUGA:   Cara Menghindari Chat Dari Ikhwan

4. Jangan Terus-menerus Mengenang Kenangan Buruk

Mengenang kenangan buruk hanya akan membuat kita semakin terpuruk. Alihkan pikiranmu dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti memperbanyak aktivitas positif, membantu orang lain, membaca buku, atau belajar hal baru. Dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 199, Allah SWT berfirman:

"Ambillah maaf (dari Allah) dan perintahkanlah kepada (para pendukung faham kebaikanmu) untuk memelihara diri mereka (dari maksiat), dan bersabarlah terhadap apa saja yang menimpa kamu. Sesungguhnya Allah memberikan pahala kepada orang-orang yang sabar."

Maka, belajarlah untuk bersabar dan mengubah hal-hal negatif menjadi hal yang positif.

5. Berkumpul dengan Orang yang Berkualitas

Terakhir, adalah sangat penting untuk berkumpul dengan orang yang berkualitas. Orang-orang yang memiliki karakter positif, yang selalu memberikan semangat, inspirasi, dan motivasi. Doa dan dukungan dari semua orang yang dicintai adalah obat terbaik untuk hati yang terluka. Seperti firman Allah SWT dalam surat al-Asr:

"Demi masa (yang berlalu). Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran."

Kesimpulan

Kita semua pasti pernah mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam hidup. Namun, dengan melihat panduan dari Islam tentang cara move on, kita bisa menghadapinya dengan lebih positif dan bijak. Ingatlah untuk selalu pasrah dan percaya pada Allah SWT, jangan menyalahkan diri sendiri, perbanyak sholat dan istighfar, jangan terus-menerus mengenang kenangan buruk, dan berkumpul dengan orang yang berkualitas. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hidayah dan kekuatan dalam menghadapi cobaan hidup. Aamiin.

Also Read

Bagikan: