Batas Aurat Laki-laki Brainly: Pembahasan Lengkap

Huda Nuri

Batas Aurat Laki-laki Brainly: Pembahasan Lengkap
Batas Aurat Laki-laki Brainly: Pembahasan Lengkap

Aurat merupakan bagian tubuh yang wajib untuk ditutupi, terutama bagi umat muslim. Pepatah yang mengatakan ‘alangkah indahnya hidup ini jika satu-satu malaikat datang menutupi aurat kita’, sangatlah relevan untuk dijadikan motivasi agar kita senantiasa menjaga aurat kita dengan sebaik-baiknya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan semakin terbukanya akses informasi, terkadang muncul berbagai pertanyaan mengenai batas aurat itu sendiri. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah mengenai batas aurat laki-laki. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai batas aurat bagi laki-laki menurut pandangan islam.

Pengertian Aurat

Aurat pada dasarnya adalah bagian tubuh yang harus ditutupi atau disembunyikan dari pandangan orang lain, terutama yang berlawanan jenis. Aurat pada laki-laki dan perempuan sendiri memiliki perbedaan. Bagi laki-laki, aurat terdiri dari kepala hingga lutut, kecuali telapak tangan dan muka. Sedangkan pada perempuan, aurat meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Batas Aurat Laki-laki

Batas aurat pada laki-laki menurut pandangan islam adalah dari pusar hingga lutut. Dalam pandangan islam, bagian tubuh ini merupakan bagian yang harus ditutupi dan disembunyikan dari pandangan orang lain, terutama yang berlawanan jenis. Namun, terdapat perbedaan pandangan mengenai apakah bagian paha termasuk dalam aurat atau tidak.

Ada yang berpendapat bahwa bagian paha termasuk dalam aurat laki-laki, sehingga harus ditutupi. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa bagian paha tidak termasuk dalam aurat laki-laki, sehingga boleh ditampakkan dalam konteks yang layak.

Konteks yang Layak

Dalam islam, menampakkan aurat di depan orang yang bukan mahramnya (yang tidak dihalalkan untuk dinikahi) adalah diharamkan. Namun, terdapat beberapa konteks yang dianggap layak dalam menampakkan aurat laki-laki. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:   Apakah Rambut Termasuk Aurat?

Olahraga

Bagi laki-laki yang sedang berolahraga, boleh menampakkan auratnya, terutama bagi yang berada di lapangan basket, bulu tangkis, sepakbola, dan sejenisnya. Namun, harus tetap memperhatikan adab dalam berpakaian dan tidak menampakkan aurat secara berlebihan.

Saat Tidur

Saat tidur, laki-laki boleh memakai pakaian yang nyaman walaupun menampakkan auratnya. Namun, hal ini tentu saja tidak berlaku jika tidur bersama dengan orang yang bukan mahramnya.

Mandi

Saat mandi, laki-laki boleh menampakkan auratnya. Namun, harus tetap menjaga privasi dan tidak menampakkan aurat secara berlebihan.

Kesimpulan

Batas aurat bagi laki-laki menurut pandangan islam adalah dari pusar hingga lutut. Namun, terdapat perbedaan pandangan mengenai apakah bagian paha termasuk dalam aurat atau tidak. Dalam menampakkan aurat, laki-laki harus memperhatikan konteks yang layak, seperti saat olahraga, saat tidur, dan saat mandi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga aurat kita sebagai pribadi muslim yang baik dan benar.

Also Read

Bagikan: