Batasan Aurat Bagi Wanita Muslimah Menurut Ajaran Islam

Huda Nuri

Batasan Aurat Bagi Wanita Muslimah Menurut Ajaran Islam
Batasan Aurat Bagi Wanita Muslimah Menurut Ajaran Islam

Saat ini, banyak muslimah yang mengalami kebingungan mengenai batasan aurat yang seharusnya dikenakan dalam berpakaian. Sebagai seorang muslimah, penting untuk mengenali batasan aurat yang telah ditentukan dalam ajaran Islam agar dapat menumbuhkan rasa keimanan dan menjalani kehidupan sebagai muslimah yang sesuai dengan ajaran agama.

Pertama-tama, penting untuk mengetahui bahwa batasan aurat bagi wanita muslimah adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Dalam Al-Quran, Allah SWT telah memerintahkan kaum muslimin untuk menjaga aurat mereka, termasuk wanita muslimah yang harus menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Begitu juga dalam hadis Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Oleh karena itu, sebagai seorang muslimah, kita harus memenuhi perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dengan menutup aurat seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Namun demikian, tidak semua pakaian yang menutup seluruh tubuh akan dianggap sebagai pakaian yang sesuai dengan batasan aurat. Pakaian yang dipakai seorang muslimah harus memenuhi beberapa kriteria tertentu, antara lain:

  1. Tidak ketat
    Pakaian yang terlalu ketat tidak diperbolehkan dalam Islam karena dapat membuat aurat terbuka dan terlihat. Oleh karena itu, pilihlah pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat.

  2. Tidak tembus pandang
    Pilihlah pakaian yang tidak tembus pandang dan tidak dapat membuat aurat terlihat. Pakaian yang dapat membuat aurat terlihat dapat membuat lawan jenis tergoda dan dapat merusak moralitas.

  3. Tidak mencolok
    Pilihlah pakaian yang sederhana dan tidak mencolok. Hindari penggunaan warna-warna terang dan gambar yang menggoda, karena dapat membuat mata orang lain terarah pada tubuh dan aurat kita.

  4. Memenuhi syarat hijab
    Pakaian yang dipakai seorang muslimah harus memenuhi syarat hijab, yaitu menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Namun, hijab juga harus dapat menutupi bentuk tubuh sehingga tidak dapat membuat aurat terlihat.

BACA JUGA:   Dalil tentang Jilbab Menutup Aurat

Dalam menjalankan ibadah sehari-hari, muslimah diharapkan untuk tetap memperhatikan batasan aurat dan menggunakan pakaian yang sesuai. Pakaian yang sesuai dengan batasan aurat adalah pakaian yang tidak membuat aurat terbuka dan tetap menjaga kesopanan dan moralitas.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari tindakan pelecehan seksual atau kekerasan seksual terhadap muslimah. Sebab, ketidakpedulian terhadap batasan aurat dapat memungkinkan orang yang tidak bertanggung jawab melihat dan melanggar privasi kita.

Jadi, sebagai seorang muslimah, pilihlah pakaian yang sesuai dengan batasan aurat dan tetap menjaga moralitas dan kesopanan dari diri kita. Dengan menjalankan ajaran Islam secara benar dan tepat, kita dapat menjadi muslimah yang terhormat dan beroleh berkah dari Allah SWT serta menjalani kehidupan yang sejahtera di dunia dan akhirat.

Also Read

Bagikan: