Berapa Biaya Rata-rata Pernikahan di Indonesia dan Bagaimana Menyiapkan Anggaran yang Tepat?

Dina Yonada

Berapa Biaya Rata-rata Pernikahan di Indonesia dan Bagaimana Menyiapkan Anggaran yang Tepat?
Berapa Biaya Rata-rata Pernikahan di Indonesia dan Bagaimana Menyiapkan Anggaran yang Tepat?

Berapa Biaya Rata-Rata Menikah di Indonesia?

Jakarta, Indonesia – Menikah adalah momen yang sangat dinanti oleh banyak pasangan di Indonesia. Namun, salah satu hal yang perlu diingat adalah bahwa menikah bukanlah hal yang murah. Banyak pasangan yang tidak mengetahui estimasi biaya yang diperlukan saat ingin menikah. Oleh karena itu, kami akan menjabarkan biaya rata-rata yang dibutuhkan saat ingin menikah di Indonesia.

Biaya Sewa Gedung

Biaya sewa gedung dapat menjadi salah satu post tertinggi dalam pernikahan. Seperti yang kita ketahui, biaya sewa gedung di daerah perkotaan akan lebih tinggi dibandingkan di daerah pedesaan. Biaya sewa gedung sendiri bervariasi dari Rp 3,5 juta hingga Rp 30 juta. Untuk biaya sewa gedung, pastikan untuk mempertimbangkan jumlah tamu yang diundang, apakah di gedung dilengkapi dengan dekorasi atau sewa terpisah, serta beberapa hal penting lainnya.

Biaya Tenda

Biaya tenda juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat akan menikah di luar ruangan. Biaya tenda sendiri bervariasi dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Pastikan untuk mempertimbangkan apakah biaya tenda sudah termasuk dekorasi atau tidak, ukuran tenda yang dibutuhkan untuk acara, serta dampak cuaca di lokasi pernikahan.

Biaya Katering

Biaya katering menjadi salah satu biaya terbesar saat menikah. Biaya katering sendiri dapat bervariasi tergantung pada jumlah porsi makanan yang diinginkan. Dengan estimasi 200 porsi, biaya katering pernikahan dapat mencapai Rp 20 juta hingga Rp 70 juta. Pastikan untuk mempertimbangkan menu makanan apa yang diinginkan, jenis hidangan apa yang cocok digunakan, serta kualitas makanan yang disajikan.

BACA JUGA:   Ciri-ciri Pria Siap Menikah Menurut Islam: Rajin Beribadah sebagai Tanda Kesiapan Batin dan Mental

Biaya Rias dan Gaun Pengantin

Memilih rias dan gaun pengantin bukanlah hal yang murah. Biaya rias dan gaun pengantin sendiri bervariasi dari Rp 3 juta hingga Rp 15 juta. Pastikan untuk mempertimbangkan jenis gaun pengantin dan riasan yang diinginkan, serta kualitas layanan yang ada. Ada juga pilihan untuk menyewa gaun pengantin, untuk mempertahankan anggaran yang lebih tinggi.

Jadi, berapa biaya rata-rata menikah di Indonesia? Diperkirakan biaya total pernikahan dapat mencapai Rp 100 juta hingga Rp 300 juta. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan banyak hal yang terkait, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sebagai pasangan.

Setiap pasangan perlu merencanakan anggaran mereka dengan baik, terutama jika ingin menekan biaya yang diperlukan. Tetapi, Ingatlah bahwa hari pernikahan menjadi momen yang penting dalam hidup, dan tidak berarti harus mengorbankan berbagai hal pada hari istimewa ini.

Dalam menikah, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Agar kamu dapat merencanakan pernikahanmu dengan lebih baik, pastikan kamu melakukan lebih banyak riset dan berkonsultasi dengan vendor yang terpercaya. Semoga informasi ini dapat membantu kamu memandu anggaranmu saat merencanakan hari spesial kamu!

Also Read

Bagikan:

Tags