Cara Sholat di Pesawat

Dina Yonada

Cara Sholat di Pesawat
Cara Sholat di Pesawat

Jika Anda seorang muslim yang sering bepergian dengan pesawat, pasti pernah merasa khawatir tentang bagaimana cara melaksanakan sholat di pesawat. Memang, melakukan sholat di pesawat tidaklah mudah. Karena itu, kita perlu mengetahui cara yang tepat untuk melaksanakan sholat agar tetap khusyuk dan sesuai dengan tuntunan agama.

1. Persiapan sebelum Sholat

Sebelum memulai sholat di pesawat, pastikan Anda sudah melakukan persiapan yang cukup. Pertama, pastikan Anda sudah mengetahui arah kiblat dengan menggunakan kompas atau aplikasi arah kiblat pada smartphone Anda. Kedua, pastikan Anda membawa perlengkapan sholat seperti mukena dan sajadah. Anda juga perlu membawa wudu kit untuk membersihkan diri sebelum sholat.

2. Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di pagi hari. Jika Anda bepergian dengan pesawat pada waktu yang tepat untuk sholat dhuha, sebaiknya Anda melaksanakannya terlebih dahulu sebelum melakukan sholat di pesawat.

3. Sholat di Tempat Duduk

Jika Anda tidak mendapatkan tempat untuk sholat di area khusus sholat di pesawat, maka Anda bisa melaksanakan sholat di tempat duduk Anda. Namun, perlu diperhatikan agar tidak mengganggu penumpang lain. Untuk itu, sebaiknya pilihlah tempat duduk yang jaraknya cukup jauh dari penumpang lain.

4. Sholat di Kabin Kargo

Beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan area khusus untuk sholat di kabin kargo. Area ini disediakan khusus untuk penumpang yang ingin melaksanakan sholat dengan lebih tenang dan khusyuk.

5. Sholat Setelah Landing

Jika Anda tidak bisa melaksanakan sholat di pesawat, Anda bisa melaksanakannya setelah mendarat. Namun, pastikan Anda mengikuti anjuran untuk tidak meninggalkan pesawat terlalu dini atau menunggu terlalu lama sehingga tidak mengganggu keamanan dan ketertiban di bandara.

BACA JUGA:   Cara Berkomunikasi dengan Calon Mertua

Kesimpulan

Melakukan sholat di pesawat memang tidak mudah. Namun, dengan persiapan dan pengetahuan yang cukup, Anda bisa melaksanakannya dengan tepat dan khusyuk sesuai dengan tuntunan agama. Jadi, jika Anda sering bepergian dengan pesawat, pastikan Anda sudah mengetahui cara yang tepat untuk melaksanakan sholat agar tetap dapat menjaga keimanan dan ketaqwaan Anda.

Also Read

Bagikan: