Cincin Perak untuk Pria: Sesuai Sunnah dan Tetap Stylish

Dina Yonada

Cincin Perak untuk Pria: Sesuai Sunnah dan Tetap Stylish
Cincin Perak untuk Pria: Sesuai Sunnah dan Tetap Stylish

Cincin Nikah yang Bisa Dipakai Pria

Cincin nikah merupakan cincin yang sangat penting dan berarti bagi setiap pasangan yang hendak menikah. Tak terkecuali bagi para pria, cincin nikah juga menjadi simbol keutuhan dan kesetiaan dalam menjalani bahtera rumah tangga. Namun, dalam pemilihannya, tidak semua material bisa digunakan sebagai bahan pembuatan cincin nikah bagi pria.

Dalam Kitab Busyrol Karim (Juz 2 hal: 14-15), disebutkan bahwa disunnahkan bagi laki-laki memakai cincin dari perak. Syaratnya, cincin tersebut tidak sampai 1 mitsqal dan tidak dicampur dengan emas yang kadarnya lebih banyak.

Pada masa sekarang, terdapat berbagai macam jenis dan bahan cincin nikah yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Namun, untuk pria sendiri, apa saja jenis cincin nikah yang bisa dipilih? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Cincin Nikah dari Emas

Cincin nikah yang paling umum digunakan adalah cincin dari jenis emas. Meski harganya cukup mahal, cincin emas menjadi pilihan banyak pasangan karena dipercaya dapat menjaga keutuhan hubungan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

Tak hanya itu, cincin nikah emas juga memiliki nilai investasi yang cukup tinggi, sehingga dapat dijadikan tabungan masa depan bagi pasangan yang memilihnya.

2. Cincin Nikah dari Perak atau Titanium

Jika pasangan ingin cincin nikah yang lebih sederhana atau minimalis, maka cincin nikah dari bahan perak atau titanium bisa menjadi alternatif yang tepat. Selain harganya yang lebih terjangkau, cincin nikah ini juga terlihat lebih simpel dan elegan.

BACA JUGA:   Menikah Tanpa Suntik TT? Waspadai Risiko Kena Tetanus!

3. Cincin Nikah Custom

Untuk pasangan yang lebih kreatif dan ingin memiliki cincin nikah yang unik dan berbeda dari yang lain, maka cincin nikah custom bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Dengan menggandeng perajin cincin terpercaya, pasangan dapat merancang dan memilih material, bahan, model, hingga ukuran cincin yang diinginkan.

Namun, penting untuk memperhatikan kualitas pembuatan cincin nikah custom dan memastikan bahwa cincin tersebut tidak melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. Cincin Nikah dari Logam Campuran

Beberapa pasangan juga memilih cincin nikah dari logam campuran seperti platinum, paladium, atau baja. Selain harga yang lebih terjangkau, cincin nikah dari logam campuran ini juga terlihat lebih modern dan trendi.

Namun, sebaiknya pasangan memilih cincin nikah dari logam campuran yang berkualitas dan tahan lama agar tidak mudah rusak atau pecah.

Dalam memilih cincin nikah, selain pertimbangan jenis dan bahan cincin yang diinginkan, pasangan juga perlu memperhatikan ukuran cincin yang tepat agar nyaman saat digunakan. Penting juga untuk memilih toko cincin yang terpercaya dan telah terbukti kualitasnya.

Kesimpulan

Memilih cincin nikah merupakan hal yang penting bagi setiap pasangan yang hendak menikah. Pemilihan jenis dan bahan cincin yang tepat akan sangat mempengaruhi kesan dan makna yang ingin disampaikan melalui cincin nikah tersebut.

Terlepas dari jenis dan material cincin, yang terpenting adalah makna dan nilai dari cincin nikah itu sendiri, yakni sebagai simbol kesetiaan dan keutuhan dalam menjalani bahtera kehidupan bersama. Semoga artikel ini dapat membantu pasangan saling memahami dan memilih cincin nikah yang tepat bagi mereka.

Also Read

Bagikan:

Tags