Daftar Nama-nama yang Dilarang Islam dan Penjelasannya

Dina Yonada

Daftar Nama-nama yang Dilarang Islam dan Penjelasannya
Daftar Nama-nama yang Dilarang Islam dan Penjelasannya

Islam adalah agama yang memiliki peraturan dan aturan yang harus diikuti oleh para pengikutnya. Salah satu hal yang dilarang dalam Islam adalah penggunaan nama-nama tertentu untuk bayi. Nama-nama ini dapat memiliki makna negatif atau memiliki kaitan dengan agama lain yang tidak diakui dalam Islam. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar nama-nama yang dilarang Islam dan penjelasannya.

Nama-nama yang Memiliki Makna Negatif

Beberapa nama bayi memiliki makna yang negatif, maka dilarang dalam Islam. Contohnya adalah nama-nama seperti:

1. Harb

Harb berarti "perang". Nama ini dianggap sebagai nama yang mencerminkan sifat buruk dan kekerasan.

2. Musyrik

Musyrik berasal dari kata "syirik" yang berarti mempersekutukan Tuhan. Oleh karena itu, nama ini dianggap melanggar prinsip-prinsip keimanan dalam Islam.

3. Harith

Harith berarti "pemeras". Nama ini dianggap memberikan kesan buruk dan tidak baik bagi orang yang dibaptis dengan nama ini.

Nama-nama yang Berkaitan dengan Agama Lain

Selain itu, nama-nama yang memiliki kaitan dengan agama atau keyakinan lain juga dilarang dalam Islam. Contoh nama-nama tersebut adalah:

1. Kristian

Kristian adalah nama yang berasal dari kata "Kristen", agama yang tidak diakui dalam Islam. Oleh karena itu, penamaan anak dengan nama Kristen dianggap melanggar prinsip-prinsip agama Islam.

2. Yahudi

Yahudi adalah nama yang berkaitan dengan agama Yahudi, yang dianggap oleh Islam sebagai agama nabi dan rasul palsu. Oleh karena itu, penggunaan nama Yahudi untuk bayi dianggap tidak diizinkan.

BACA JUGA:   Larangan Wanita Haid Dalam Islam

3. Bani

Bani adalah nama yang biasanya digunakan dalam agama Hindu. Oleh karena itu, penggunaan nama ini dianggap sebagai sebuah pelanggaran bagi Islam.

Nama-nama yang Mengandung Bentuk Kepemilikan Tuhan

Dalam Islam, menggunakan nama yang mengandung bentuk kepemilikan Tuhan seperti "Abdullah" (hamba Allah) atau "Abdurrahman" (hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) dianjurkan. Namun, menggunakan nama yang mengandung kepemilikan Tuhan yang salah seperti "Al-latif" (Tuhan yang penuh kasih sayang) atau "Al-Hakam" (Tuhan Yang Memutuskan) dianggap sebagai bentuk syirik dalam Islam.

Kesimpulan

Dalam Islam, memilih nama bayi adalah suatu kewajiban bagi setiap orang tua. Nama anak yang diberikan harus diambil dengan hati-hati dan tidak boleh melanggar prinsip-prinsip agama. Dalam artikel ini, kita telah membahas daftar nama-nama yang dilarang dalam Islam dan penjelasannya. Dengan memahami daftar nama-nama yang dilarang dalam Islam, orang tua dapat membuat pilihan yang tepat untuk nama bayi mereka.

Also Read

Bagikan: