Gaya Berfoto yang Dilarang Islam: Apa Saja yang Harus Kamu Hindari?

Dina Yonada

Gaya Berfoto yang Dilarang Islam: Apa Saja yang Harus Kamu Hindari?
Gaya Berfoto yang Dilarang Islam: Apa Saja yang Harus Kamu Hindari?

Islam memiliki aturan-aturan yang harus diikuti oleh para pengikutnya. Termasuk dalam hal berfoto, Islam memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai gaya berfoto yang dilarang. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa gaya berfoto yang dilarang dan harus kamu hindari sebagai seorang muslim.

1. Berfoto dengan Mengangkat Tangan

Gaya berfoto dengan mengangkat tangan ke atas atau ke depan adalah hal yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, dalam Islam, hal ini dianggap sebagai aksi yang merendahkan kehormatan diri. Selain itu, hal ini juga bisa dikaitkan dengan gaya berfoto yang bermaksud menyombongkan diri.

2. Berfoto dengan Menunjukkan Bahagia yang Berlebihan

Ketika berfoto dengan menunjukkan kebahagiaan yang berlebihan, sebagian orang mungkin merasa bahwa hal tersebut sebagai cara untuk memperlihatkan rasa syukur. Namun, dalam Islam, hal itu dianggap sebagai bentuk kekurangan ketakwaan karena nampak terlalu senang bahkan sampai overdosis. Sebelum kamu mengunggah foto dengan ekspresi kebahagiaan yang berlebihan, pikirkan ulang dan jangan sampai menunjukkan kesombongan di balik foto.

3. Berfoto dengan Menunjukkan Aurat

Menunjukkan aurat dalam berfoto adalah salah satu tindakan yang sangat dilarang dalam Islam. Aurat sendiri adalah bagian tubuh vital dari seorang muslimah dan muslimin yang harus ditutupi. Sehingga, jika kamu ingin berfoto dengan busana yang sedikit terbuka, pastikan kamu mengetahui bagian mana saja yang harus ditutupi.

BACA JUGA:   Larangan Berkumpul Dalam Islam: Memahami Makna dan Konsekuensinya

4. Berfoto dengan Memakai Topeng

Terkadang, orang ingin membuat foto yang seru dan unik dengan menggunakan topeng untuk menutupi wajah. Ternyata, dalam Islam, hal tersebut juga dianggap sebagai tindakan yang tidak pantas. Menggunakan topeng dalam berfoto bisa dikaitkan dengan isu kesombongan atau keangkuhan diri.

5. Berfoto dengan Memakai Pakaian yang Menerawang

Pakaian yang menerawang sangat jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, semakin ke sini trend fashion berkembang, hal tersebut kerap dipertontonkan dalam foto pada media sosial. Dalam Islam, hal ini tentu sangat dihindari karena akan menampilkan aurat.

6. Berfoto dengan Memperlihatkan Emosi Negatif

Berfoto dengan memperlihatkan emosi negatif, seperti marah atau kesal, dapat dianggap sebagai tindakan yang sangat tidak pantas dalam Islam. Seharusnya, seorang muslim menunjukkan rasa kesabaran dan keikhlasan dengan cara yang baik dan santun. Sehingga, kamu harus menghindari gaya berfoto seperti itu.

7. Berfoto dengan Memakai Hal yang Haram

Memakai hal yang haram dalam berfoto tentu saja sangat dilarang dalam Islam. Contoh dari hal-hal tersebut adalah minuman keras, narkoba, dan barang-barang yang tak halal. Selain itu, menggunakan bahasa yang kotor atau merendahkan orang lain juga sangat dihindari.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu harus menghindari beberapa jenis gaya berfoto yang dilarang dalam Islam. Pastikan kamu tahu bagaimana cara berfoto yang baik dan sopan agar tidak menimbulkan persoalan di dalam kehidupan sebagai muslim. Jangan sampai kecanduan mengejar popularitas atau kampanye sosial media tanpa memperhatikan aspek agama yang sangat penting untuk dipegang teguh.

Penutup

Sistem di mana kita hidup adalah serba canggih dan teknologi memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dalam waktu singkat. Tetapi, jangan sampai kita lupa terhadap konsekuensi yang harus dipertimbangkan ketika berfoto dan membagi di media sosial. Dengan berfoto yang sesuai aturan-aturan Islam, kamu bisa memperlihatkan pola hidup yang sopan dan baik.

Also Read

Bagikan: