Hadits Tentang Aurat Laki-laki

Huda Nuri

Hadits Tentang Aurat Laki-laki
Hadits Tentang Aurat Laki-laki

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas hadits tentang aurat laki-laki. Seperti yang kita ketahui, Islam sangat memperhatikan masalah aurat, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, ada beberapa hadits yang menceritakan tentang bagaimana menutup aurat laki-laki. Berikut adalah beberapa hadits tentang aurat laki-laki yang perlu kita ketahui.

Hadits pertama

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Aurath laki-laki ialah dari pusar hingga lutut.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Dalam hadits ini, kita diberitahu bahwa aurat laki-laki adalah dari pusar hingga lutut. Ini berarti, ketika seorang laki-laki berada di depan umum, maka seluruh tubuhnya harus ditutup kecuali bagian dari pusar hingga lutut saja.

Hadits kedua

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Barangsiapa yang di sisi Allah tiada bagian dari auratnya yang terjaga, maka Allah tiada lagi menghormatinya.’” (HR Ahmad, Al-Hakim, dan Baihaqi).

Hadits ini menunjukkan betapa pentingnya menutup aurat bagi laki-laki. Ketika seorang laki-laki menampakkan auratnya, berarti ia telah melanggar aturan agama. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk menjaga auratnya dengan baik.

Hadits ketiga

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Janganlah sekalis-sekalipun seorang laki-laki melihat aurat (yang wajib ditutup) laki-laki lainnya dan janganlah seorang perempuan melihat aurat perempuan yang lain.’” (HR Abu Daud).

Dalam hadits ini, kita ditegaskan untuk tidak sekali-sekali melihat aurat laki-laki lainnya. Ini berarti kita harus menjaga pandangan kita agar tidak jatuh pada aurat orang lain. Hal ini juga berlaku untuk perempuan, jangan sampai melihat aurat perempuan lainnya karena itu adalah haram dan dosa dalam agama.

BACA JUGA:   Jelaskan Pengertian Aurat

Hadits keempat

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Pada tubuh manusia ada satu daging, jika ia baik maka seluruh tubuhnya juga akan baik dan jika ia rusak maka seluruh tubuhnya juga akan rusak. Dan satu daging itu adalah hati.’” (HR Bukhari).

Hadits ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga hati kita. Ketika hati kita baik, maka seluruh tubuh kita juga akan baik, termasuk dalam hal menutup aurat. Kita harus selalu menjaga hati agar tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat dan pelanggaran aturan agama.

Hadits kelima

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Barang siapa yang meniga aurat laki-laki, maka Allah akan menutupi auratnya di hari akhirat.’” (HR Bukhari dan Tirmidzi).

Dalam hadits ini, kita diberitahu bahwa jika kita menjaga aurat laki-laki dengan baik di dunia, maka Allah akan menjaga aurat kita di hari akhirat. Ini menunjukkan bahwa menjaga aurat adalah sangat berharga dan penting dalam agama Islam.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa hadits tentang aurat laki-laki yang perlu kita ketahui. Penting untuk diingat bahwa menjaga aurat adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga aurat dengan baik dan menghindari hal-hal yang dapat merusak aurat kita.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a’lam bi shawab.

Also Read

Bagikan: