Hadits Tentang Membuka Aurat

Huda Nuri

Hadits Tentang Membuka Aurat
Hadits Tentang Membuka Aurat

Dalam Islam, membuka aurat adalah suatu perbuatan yang sangat dilarang. Hal ini dijelaskan dalam kitab suci Quran dan hadits-hadits Nabawi, yang dengan tegas mengajarkan agar menjaga aurat dari pandangan orang lain yang tidak halal. Hadits tentang membuka aurat sangat terkenal di kalangan umat Muslim, dan sebaiknya kita mengerti hadis ini agar bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Aurat

Aurat adalah bagian tubuh yang seharusnya ditutupi, baik oleh pakaian maupun oleh hal-hal lainnya. Aurat bagi lelaki mencakup bagian dari pusar sampai lutut, sedangkan bagi wanita aurat mencakup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Hal ini sebagai tanda dari kehormatan dan kesopanan dalam berpakaian serta menjaga kesucian diri.

Hadits Tentang Membuka Aurat

Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah itu Maha Suci dan Maha Agung. Dia menyukai kesopanan dan kebagusan, dan Dia tidak menyukai kekotoran dan kefasikan. Maka, janganlah kamu memperlihatkan auratmu, begitu pula jangan sekali-kali memperlihatkan aurat orang lain. Karena hal itu merupakan perbuatan dosa yang sangat besar di mata Allah SWT.”

Hadits ini menegaskan bahwa membuka aurat adalah suatu perbuatan yang sangat dilarang. Allah sangat mencintai kita dan menghendaki kita untuk hidup santun serta menjaga kehormatan diri serta orang lain.

Pentingnya Menutupi Aurat

Menutupi aurat adalah hal yang sangat penting dalam Islam, karena Dalam suatu hadits lain seperti disampaikan oleh Abdullah bin Mas’ud ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Setiap mata yang memandang auran orang lain, maka matanya terkena api neraka. Setiap lidah yang menyerukan ajakan untuk memperlihatkan aurat, maka lidahnya terkena api neraka. Setiap tangan yang meraba-raba aurat orang lain, maka tangannya terkena api neraka. Setiap kaki yang mendatangi tempat memperlihatkan aurat orang lain, maka kakinya terkena api neraka.”

BACA JUGA:   Apa Arti Aurat?

Dari hadits ini, kita bisa memahami bahwa Allah sangat tidak menyukai adanya perbuatan yang menyebabkan kita melanggar aturan agama, karena hal tersebut dapat membawa kita kepada azab dan siksa di akhirat kelak.

Kesimpulan

Dalam Islam, menutup aurat merupakan salah satu nilai-nilai utama yang harus dipegang teguh oleh setiap muslim. Hadits tentang membuka aurat sangat jelas menjelaskan bahwa kita harus menjaga aurat dari pandangan orang lain yang tidak halal. Mari kita praktekkan nilainya dengan cara menutup aurat dan menjaga kehormatan diri dan orang lain serta mendapatkan ridho Allah SWT.

Also Read

Bagikan: