Hukum Memakai Perhiasan Emas bagi Wanita

Huda Nuri

Hukum Memakai Perhiasan Emas bagi Wanita
Hukum Memakai Perhiasan Emas bagi Wanita

Hukum memakai perhiasan emas bagi wanita merupakan salah satu topik yang sering dibicarakan dalam agama Islam. Bagi sebagian orang, memakai perhiasan emas adalah suatu keharusan yang tidak bisa dihindari, terutama untuk wanita. Namun, di sisi lain, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa memakai perhiasan emas bagi wanita adalah haram. Lalu, seperti apa sebenarnya hukum memakai perhiasan emas bagi wanita dalam Islam?

Pengertian Perhiasan Emas

Perhiasan emas merupakan suatu benda yang terbuat dari emas dan digunakan sebagai hiasan pada tubuh manusia. Jenis perhiasan emas yang umum digunakan adalah cincin, gelang, kalung, anting-anting, dan bros. Bagi beberapa wanita, memakai perhiasan emas bukan hanya sekadar hiasan, tetapi juga menunjukkan status sosial.

Argumen Pro

Pendukung penggunaan perhiasan emas oleh wanita biasanya merujuk pada riwayat hadis yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah memberi cincin emas pada salah satu istri beliau, serta mengibaratkan wanita adalah bunga, yang senantiasa ingin tampil cantik. Di samping itu, beberapa ulama juga mengizinkan penggunaan perhiasan emas bagi wanita, dengan syarat tidak berlebihan dan sesuai dengan kemampuan.

Argumen Kontra

Di sisi yang lain, ada pandangan yang menyatakan bahwa memakai perhiasan emas bagi wanita adalah haram, karena dianggap menyerupai perilaku orang-orang Yahudi yang menyombongkan diri dengan perhiasan emas yang mereka kenakan. Selain itu, penggunaan perhiasan emas juga dinilai mengundang perhatian laki-laki yang bukan mahramnya, sehingga menimbulkan fitnah dan godaan.

Dalil-dalil dalam Al-Quran dan Hadis

Dalam Al-Quran, terdapat beberapa ayat yang berbicara tentang emas. Salah satu ayat yang paling terkenal adalah dalam surat Al-Baqarah ayat 275, yang menyatakan bahwa Allah menghalalkan jual beli, namun mengharamkan riba. Ayat ini sering dijadikan panduan bagi umat Islam dalam berinvestasi atau berbisnis.

BACA JUGA:   Cara Menembak Wanita Secara Langsung yang Efektif

Selain itu, terdapat pula hadis yang mengatur tentang penggunaan perhiasan emas bagi wanita. Beberapa hadis yang sering dikutip adalah hadis riwayat Abu Dawud dan An-Nasa’i, yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW melarang para wanita untuk memakai perhiasan emas secara berlebihan.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa argumen pro dan kontra yang telah disebutkan, serta dalil-dalil yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis, dapat disimpulkan bahwa memakai perhiasan emas bagi wanita sebaiknya dilakukan dengan bijak. Wanita sebaiknya tidak berlebihan dalam memakainya, serta menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Dalam hal ini, kesederhanaan dan kemandirian finansial juga harus diutamakan. Sehingga, dapat meminimalisasi fitnah serta godaan yang mungkin timbul dari laki-laki yang bukan mahramnya.

Dengan demikian, hukum memakai perhiasan emas bagi wanita bukanlah sesuatu yang mutlak haram atau mutlak halal. Semuanya tergantung pada niat dan tujuan penggunaannya. Namun, sebagai umat Islam yang taat, sebaiknya kita selalu berusaha untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadis.

Also Read

Bagikan: