Hukum Wanita Memakai Perhiasan Emas Dalam Islam

Dina Yonada

Hukum Wanita Memakai Perhiasan Emas Dalam Islam
Hukum Wanita Memakai Perhiasan Emas Dalam Islam

Dalam agama Islam, perhiasan emas memang menjadi favorit bagi banyak wanita. Namun, menggunakan perhiasan emas tidak semata-mata untuk sekadar berdandan, tetapi juga berkaitan dengan syariat.

Menurut ajaran Islam, perhiasan emas diperbolehkan digunakan oleh wanita, namun dengan beberapa syarat dan ketentuan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat dalam memakai perhiasan emas dalam Islam.

Syarat-Syarat Mengenakan Perhiasan Emas Dalam Islam

  1. Hanya Untuk Wanita

Perhiasan emas hanya diperbolehkan digunakan oleh wanita. Pria dilarang menggunakan perhiasan emas, kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk keperluan medis.

  1. Tidak Melebihi Batas Kewajaran

Wanita Muslim diperbolehkan memakai perhiasan emas tetapi tidak melampaui batas kewajaran, karena sejatinya Islam mengajarkan untuk hidup sederhana. Tetapi, tidak ada batasan pasti mengenai berapa banyak perhiasan emas yang diperbolehkan digunakan, karena hal ini tergantung pada kemampuan masing-masing individu.

  1. Tidak Untuk Pamer

Seorang wanita Muslim tidak boleh memakai perhiasan emas dengan tujuan pamer atau membanggakan diri. Pemakaian perhiasan emas seharusnya dipertimbangkan secara bijak supaya tidak melanggar aturan agama.

  1. Tidak Ditunjukkan pada Pelanggar Hukum Allah

Wanita Muslim dilarang menunjukkan perhiasan emas mereka kepada pria selain mahram mereka, karena hal tersebut bisa memicu fitnah.

Jika semua syarat dan ketentuan tersebut telah dipenuhi, seorang wanita Muslim diperbolehkan untuk memakai perhiasan emas.

Namun, walaupun diperbolehkan, kita tetap perlu mempertimbangkan penggunaan perhiasan emas dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai muslim dianjurkan untuk hidup sederhana, dan tidak menggunakan perhiasan emas secara berlebihan sehingga dalam kehidupan beragama kita tetap dapat mempertahankan ketentuan syariat.

Penutup

Dalam Islam, perhiasan emas memang diperbolehkan digunakan oleh wanita, namun dengan beberapa ketentuan dan syarat. Sebagai muslim, kita harus selalu menjaga niat dan tujuan di balik penggunaan perhiasan emas agar tidak menyalahi aturan syariat. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan secara bijak sebelum memutuskan untuk memakai perhiasan emas.

BACA JUGA:   Cara Menghadapi Suami Egois dan Keras Kepala

Also Read

Bagikan: