JELASKAN BATASAN AURAT PEREMPUAN

Huda Nuri

JELASKAN BATASAN AURAT PEREMPUAN
JELASKAN BATASAN AURAT PEREMPUAN

Pendahuluan

Bagi umat Muslim, menjaga aurat termasuk hal yang penting dan termasuk dalam kewajiban beragama. Aurat perempuan meliputi bagian tubuh mulai dari rambut hingga kaki, sebab itu penggunaan hijab menjadi sangat penting dalam menjaga dan menutup aurat.

Namun, seringkali banyak dari kita yang belum memahami dengan baik tentang aturan dalam menjaga aurat, termasuk batasan aurat perempuan itu sendiri. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan secara detail tentang batasan aurat perempuan.

Batasan Aurat Perempuan

Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh pakaian yang sesuai dengan syariat agama Islam. Batasan aurat perempuan mencakup bagian tubuh sebagai berikut:

1. Rambut

Rambut adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh hijab, baik itu rambut di kepala maupun bulu-bulu halus di wajah. Bentuk hijab sendiri memang tergantung pada masing-masing individu, namun yang penting adalah menutupi rambut secara sempurna.

2. Wajah

Wajah perempuan juga termasuk bagian aurat dan harus ditutupi oleh hijab, kecuali bagian mata dan wajah yang tidak mengeluarkan aurat seperti pipi dan dagu.

3. Leher

Leher perempuan termasuk bagian aurat dan harus ditutupi oleh hijab, terutama bagian belakang leher. Oleh karena itu, penggunaan jilbab yang menutupi leher sampai dada sangat disarankan.

4. Dada

Dada perempuan juga harus ditutupi oleh pakaian yang tidak transparan dan tidak ketat. Pakaian yang longgar dan menutupi dada dengan benar sangat disarankan.

5. Perut

Perut perempuan termasuk bagian aurat dan harus ditutupi oleh pakaian yang tidak ketat dan longgar.

BACA JUGA:   Dalil Perintah Menutup Aurat di Dalam Islam

6. Paha

Bagian paha atau selangkangan termasuk bagian aurat dan harus ditutupi oleh pakaian yang cukup longgar.

7. Kaki

Kaki perempuan termasuk bagian aurat sehingga harus ditutupi oleh pakaian yang longgar seperti celana panjang atau rok yang memiliki panjang minimal hingga mata kaki.

Kesimpulan

Jangan salah, menjaga aurat termasuk dalam kewajiban beragama dan hal yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan, batasan aurat perempuan mencakup seluruh bagian tubuh mulai dari rambut hingga kaki. Oleh karena itu, penggunaan pakaian yang sopan dan sesuai dengan syariah sangat penting untuk dilakukan.

Mari kita jaga aurat kita dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Also Read

Bagikan: