Larangan Arisan dalam Islam: Mengapa Itu Penting?

Dina Yonada

Larangan Arisan dalam Islam: Mengapa Itu Penting?
Larangan Arisan dalam Islam: Mengapa Itu Penting?

Dalam Islam, ada beberapa larangan yang harus diikuti oleh setiap muslim. Salah satunya adalah larangan arisan. Namun, mengapa arisan dianggap sebagai sesuatu yang dilarang dalam Islam?

Arti Arisan

Arisan adalah sebuah kegiatan yang biasa dilakukan oleh sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara bersama-sama. Setiap orang dalam kelompok itu harus memberikan sejumlah uang setiap kali arisan dilakukan. Nantinya, uang yang terkumpul akan diberikan kepada salah satu anggota kelompok secara bergilir.

Larangan Arisan dalam Islam

Dalam Islam, arisan dianggap sebagai hal yang dilarang. Ada beberapa alasan mengapa arisan dianggap sebagai sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Pertama, Haram karena Judi

Salah satu alasan utama mengapa arisan dianggap sebagai sesuatu yang dilarang dalam Islam adalah karena arisan seringkali dianggap sebagai bentuk judi. Pasalnya, dalam arisan, setiap orang diharuskan untuk memberikan sejumlah uang tanpa mengetahui siapa yang akan mendapatkan hadiah.

Kedua, Mencederai Rasa Syukur

Selain itu, arisan juga dilarang karena dianggap dapat mencederai rasa syukur seseorang terhadap rezeki yang diterima. Sebagai muslim, kita harus selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Namun, ketika kita terus-menerus bergantung pada uang yang terkumpul dari arisan, maka ada kemungkinan kita mulai kehilangan rasa syukur tersebut.

Ketiga, Mendorong Perilaku Konsumtif

Terakhir, arisan juga dianggap sebagai sesuatu yang dapat mendorong perilaku konsumtif. Karena setiap orang harus memberikan uang untuk arisan secara rutin, maka ada kemungkinan kita mengalami kesulitan keuangan jika harus terus-menerus memberikan uang untuk arisan tersebut. Hal ini dapat mendorong kita untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak perlu agar bisa bergabung dengan arisan yang sedang diadakan.

BACA JUGA:   Larangan Menikah Beda Agama dalam Islam

Kesimpulan

Dalam Islam, arisan dianggap sebagai sesuatu yang dilarang karena dianggap sebagai bentuk judi, dapat mencederai rasa syukur, dan mendorong perilaku konsumtif. Sebagai seorang muslim, kita harus memahami mengapa arisan dianggap sebagai sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam dan menghindarinya sebisa mungkin. Sebaiknya, kita mengatur pengeluaran uang dengan bijak dan memastikan bahwa kita selalu bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Also Read

Bagikan: