Larangan Makan Berlebihan dalam Islam

Dina Yonada

Larangan Makan Berlebihan dalam Islam
Larangan Makan Berlebihan dalam Islam

Makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Namun, dalam Islam, konsep makanan tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa. Dalam Al-Quran, banyak larangan dan anjuran mengenai konsumsi makanan dan minuman. Salah satu larangan yang paling penting adalah larangan makan berlebihan.

Makan Berlebihan dalam Al-Quran

Allah SWT sudah memberikan larangan yang sangat tegas mengenai makan berlebihan dalam Al-Quran Surat al-A’raaf ayat 31. Dalam ayat Al-Quran tersebut, Allah SWT berfirman:

"Dan makanlah dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan."

Dalam ayat ini, jelas bahwa Allah mengajarkan kita untuk makan dan minum dengan takaran yang cukup. Allah tidak menyukai orang yang berlebihan dalam makan dan minum, karena tindakan tersebut bisa membahayakan tubuh dan jiwa.

Dampak Berlebihan dalam Makan dan Minum

Makan dan minum yang berlebihan bisa membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa dampak yang bisa terjadi akibat makan dan minum berlebihan adalah:

  1. Obesitas
  2. Diabetes
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Penyakit jantung
  5. Gangguan pencernaan
  6. Kecanduan makanan dan minuman

Oleh karena itu, makan dan minum dengan takaran yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berlebihan dalam makan dan minum justru bisa membahayakan tubuh dan jiwa.

Tips Makan dengan Sehat dan Benar

Untuk menghindari makan dan minum yang berlebihan, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Makan dalam porsi kecil: Makan dengan porsi kecil lebih baik karena tubuh lebih mudah mencernanya dan membakar kalori.
  2. Hindari makanan dan minuman berkalori tinggi: Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula, garam, lemak, dan kalori tinggi.
  3. Perbanyak sayuran dan buah: Sayuran dan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin dan mineral.
  4. Amati takaran makanan dan minuman: Selalu perhatikan takaran makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menghindari makan dan minum berlebihan.
  5. Hindari makan sebelum tidur: Makan sebelum tidur dapat meningkatkan resiko obesitas dan penyakit jantung.
BACA JUGA:   Bulan Dilarang Menikah dalam Islam: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Dengan melakukan tips-tips di atas, kita dapat menghindari makan dan minum yang berlebihan dan menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa.

Kesimpulan

Makan dan minum berlebihan merupakan tindakan yang dilarang dalam Islam dan dapat membahayakan tubuh dan jiwa. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus makan dan minum dengan takaran yang cukup, menghindari makanan dan minuman berkalori tinggi, perbanyak sayuran dan buah, dan selalu memerhatikan takaran makanan dan minuman yang dikonsumsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan jiwa.

Also Read

Bagikan: