Larangan Meminta-Minta dalam Islam

Dina Yonada

Larangan Meminta-Minta dalam Islam
Larangan Meminta-Minta dalam Islam

Dalam Islam, ada banyak larangan yang harus diikuti oleh setiap umat Muslim. Salah satu larangan yang sangat penting yaitu larangan untuk meminta-minta. Larangan ini sebenarnya sudah ditegaskan dalam Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad.

Arti dari Larangan Meminta-Minta

Meminta-minta dalam bahasa Arab disebut "sa’alah". Menurut Ibn Taimiyah, meminta-minta artinya memohon sesuatu dari orang lain tanpa adanya hak yang sah untuk memintanya.

Hal ini bisa berupa permintaan uang atau bantuan dalam bentuk apapun. Menurut ajaran Islam, meminta-minta adalah tindakan yang sangat tidak terpuji dan memalukan.

Al-Quran Tentang Larangan Meminta-Minta

Dalam Al-Quran, larangan meminta-minta dijelaskan dengan sangat jelas. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 267:

"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah sebahagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada waktu itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang dapat menjadikan manfaat. Dan Allah-lah (saja) yang Maha Menjaga (yang memelihara segala-galanya)."

Artinya, sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk bersedekah dan memberikan sebahagian dari rezeki yang telah diberikan kepada kita kepada orang yang membutuhkan.

Namun, kita tidak boleh meminta-minta kepada orang lain, bahkan dalam keadaan yang sulit sekalipun. Allah SWT juga berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 26-27:

"Dan memberikanlah kepada keluarga yang dekat dengan haknya, dan kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan. Dan janganlah kamu memboroskan (kekayaanmu) dengan boros yang berlebihan. Sesungguhnya orang yang boros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu sangat ingkar kepada Tuhannya."

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan pentingnya memberikan hak-hak kepada keluarga yang dekat, orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Namun, kita tidak boleh memboroskan kekayaan dengan meminta-minta atau memberikan bantuan yang bertentangan dengan ajaran Islam.

BACA JUGA:   Hal yang Dilarang dalam Islam untuk Wanita

Hadis Tentang Larangan Meminta-Minta

Selain Al-Quran, hadis-hadis Nabi Muhammad juga menegaskan larangan meminta-minta. Berikut adalah salah satu hadis yang terkait dengan masalah ini:

Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang muslim meminta-minta kecuali Allah akan menaikkan derajatnya pada hari kiamat dengan setiap keping uang yang diturunkan ke dalam mangkoknya, sekalipun itu suap atau hasil ricikan." (HR. Ahmad)

Dari hadis di atas, dapat dipahami bahwa meskipun seseorang menerima uang dari hasil meminta-minta, tetapi secara spiritual, ia akan kehilangan kepercayaan diri dan citra positif di masyarakat. Selain itu, ia juga akan kehilangan keberkahan dari Allah SWT.

Conclusiion

Dalam ajaran Islam, meminta-minta adalah tindakan yang tidak pernah dianjurkan dan bahkan termasuk dalam perbuatan yang dilarang. Sebagai umat Muslim, kita perlu menghindari perilaku meminta-minta dan lebih fokus pada bersedekah dan membantu orang lain yang membutuhkan.

Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih taat dalam menjalankan ajaran Islam. Kantongi informasi tentang larangan meminta-minta dengan baik agar kelak tidak terjegal dalam larangan agama.

Also Read

Bagikan: