Larangan Suami Saat Istri Hamil dalam Islam

Dina Yonada

Larangan Suami Saat Istri Hamil dalam Islam
Larangan Suami Saat Istri Hamil dalam Islam

Hamdan, seorang calon suami, bertanya kepada Ustadz Bagus mengenai larangan suami saat istri hamil dalam Islam. Ustadz Bagus menjelaskan bahwa Islam sangat memperhatikan kesehatan fisik dan mental ibu hamil dan bayi yang belum lahir. Oleh karena itu, Islam memberikan beberapa larangan dan anjuran kepada suami saat istri hamil.

Larangan Suami Saat Istri Hamil

  1. Larangan melakukan hubungan suami istri. Saat istri hamil, suami harus menghindari melakukan hubungan suami istri. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan janin dan kesehatan istri. Selain itu, saat hamil, istri lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit kelamin sehingga harus dijaga kebersihannya.

  2. Larangan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Saat istri hamil, suami harus memberikan perhatian ekstra pada makanan yang dikonsumsinya. Suami harus menghindari makanan yang kurang sehat seperti makanan yang digoreng dan berlemak serta makanan yang tidak cukup bersih. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan janin yang dikandung istri.

  3. Larangan merokok dan minum alkohol. Saat istri hamil, suami harus menghindari merokok dan minum alkohol. Kedua kegiatan ini sangat buruk bagi kesehatan janin dan ibu hamil. Selain itu, suami harus menghindari rokok dan alkohol agar tetap sehat dan kuat untuk mendampingi istri menghadapi masa kehamilan.

Anjuran Suami Saat Istri Hamil

  1. Berkomunikasi yang baik dengan istri. Selama masa kehamilan, istri memerlukan dukungan dan perhatian dari suami. Oleh karena itu, suami harus rajin berkomunikasi dengan istri tentang apa yang dirasakan oleh istri dan mengarahkan istri untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihannya.

  2. Membantu tugas-tugas rumah tangga. Selama masa kehamilan, istri akan merasa lelah dan sulit melakukan tugas-tugas rumah tangga seperti mencuci piring dan mencuci baju. Oleh karena itu, suami harus membantu istri dalam tugas-tugas tersebut agar istri tidak merasa terlalu lelah dan tetap merasa senang selama masa kehamilan.

  3. Membimbing dan mengarahkan istri. Selama masa kehamilan, istri butuh arahan dan bimbingan dari suami untuk menjaga kesehatan. Suami harus membimbing istri dan memberikan yang terbaik untuk istri dan janin yang dikandungnya.

BACA JUGA:   Hari yang Dilarang Berhubungan Suami Istri Menurut Islam

Dalam Islam, kehamilan adalah saat yang penting dan sakral. Oleh karena itu, suami harus memperhatikan larangan dan anjuran yang ada dalam Islam agar istri hamil tetap sehat dan janin yang dikandungnya tumbuh dengan baik. Saat istri hamil, suami harus memberikan perhatian dan dukungan ekstra untuk istri dan janin yang dikandungnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pasangan suami istri yang sedang menanti kelahiran buah hati mereka!

Also Read

Bagikan: