Mendapatkan Yang Berhak Menerima Daging Qurban

Dina Yonada

Pada saat Hari Raya Qurban tiba, umat Muslim di seluruh dunia menyiapkan diri untuk menyembelih hewan kurban. Setiap tahun, kurban yang disalurkan dapat mencapai jutaan ekor hewan. Dalam Islam, daging kurban harus dibagikan kepada orang yang membutuhkan. Namun, pertanyaannya adalah siapa saja yang berhak menerima daging kurban tersebut?

Hukum Qurban dalam Islam

Qurban merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial. Dalam Quran surat Al Baqarah ayat 196, Allah berfirman, "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Jika kamu terhalang, maka berqurbanlah sesuai kemampuanmu." Hukum qurban ini diulang kembali dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah berqurban dan mengajarkan umatnya untuk melakukan hal yang sama.

Orang yang Berhak Menerima Daging Kurban

Berikut adalah orang-orang yang berhak menerima daging kurban:

Fakir Miskin

Fakir miskin adalah orang yang miskin dan tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Kondisi mereka sangat memprihatinkan dan mereka membutuhkan bantuan agar bisa bertahan hidup. Daging kurban yang diberikan kepada mereka akan membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Anak Yatim

Anak yatim adalah orang yang kehilangan kedua orang tua atau orang tua satu-satunya. Kondisi anak yatim seringkali lebih sulit daripada anak-anak lainnya. Kurangnya dukungan finansial dan emosional dari orang tua sering membuat mereka merasa tidak dihargai. Dengan memberikan daging kurban kepada anak yatim, kita dapat memberikan kebahagiaan dan memberikan harapan bahwa mereka tidak sendiri.

BACA JUGA:   Nabi Palsu pada Masa Abu Bakar

Orang Sakit

Orang sakit biasanya membutuhkan perawatan khusus dan perlu perhatian lebih. Dengan memberikan daging kurban kepada orang sakit, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka dan memberikan mereka energi yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan.

Guru dan Ulama

Guru dan ulama memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan agama Islam dan membimbing umatnya. Dengan memberikan daging kurban kepada mereka, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka dan memberikan penghargaan atas pengorbanan mereka dalam memajukan agama.

Tetangga dan Orang Terdekat

Kita juga harus memberikan bantuan kepada tetangga dan orang terdekat sebagai bagian dari kewajiban sosial kita. Dengan memberikan daging kurban kepada mereka, kita dapat memperkuat hubungan sosial dan mempererat tali persaudaraan kita.

Kesimpulan

Memberikan daging kurban kepada orang yang membutuhkan adalah bagian dari kewajiban sosial dan ibadah yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial. Orang-orang yang berhak menerima daging kurban adalah fakir miskin, anak yatim, orang sakit, guru dan ulama, serta tetangga dan orang terdekat. Dengan memberikan daging kurban kepada mereka, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka dan memberikan kebahagiaan serta membantu memperkuat hubungan sosial. Sebagai umat Muslim, mari kita berupaya untuk membantu sesama dan memperkuat persaudaraan di antara kita.

Also Read

Bagikan: