Mengapa Allah Memerintahkan Kita untuk Menutup Aurat

Huda Nuri

Mengapa Allah Memerintahkan Kita untuk Menutup Aurat
Mengapa Allah Memerintahkan Kita untuk Menutup Aurat

Salam sejahtera bagi semua pembaca setia. Kali ini kita akan membahas mengenai mengapa Allah memerintahkan kita untuk menutup aurat. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang hal tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu aurat.

Aurat merupakan bagian tubuh yang seharusnya ditutupi. Hal tersebut diatur dalam agama Islam sebagai salah satu bentuk perlindungan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Aurat sendiri bagi laki-laki adalah dari pusar hingga lutut, sedangkan bagi perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Namun, mengapa Allah memerintahkan kita untuk menutup aurat? Mari kita simak alasan-alasannya berikut ini.

1. Menjaga Martabat Diri

Dalam agama Islam, aurat merupakan suatu kehormatan bagi diri seorang muslim. Menutup aurat adalah salah satu bentuk menjaga martabat diri dan tidak mengumbar kesombongan. Dengan cara tersebut, seseorang bisa lebih dihargai oleh orang lain.

2. Menjaga Kebersihan Hati dan Pikiran

Menutup aurat juga bisa membantu seseorang untuk menjaga kebersihan hati dan pikiran. Dengan cara tersebut, seseorang bisa terhindar dari godaan-godaan yang tidak diinginkan. Hal tersebut sangat penting, terutama jika kita ingin menjadi seorang muslim yang taat.

3. Melindungi Diri dari Bahaya

Menggunakan pakaian yang menutupi aurat juga bisa membantu melindungi diri dari bahaya seperti serangan binatang, hawa dingin, dan sinar matahari. Hal tersebut tentunya sangat penting untuk memastikan keselamatan diri dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

4. Menjaga Fitrah Manusia

Menutup aurat juga bisa membantu manusia untuk menjaga fitrahnya. Dalam artian, manusia tidak hanya terfokus pada keindahan fisik semata, namun juga pada kebaikan dan ketakwaan dalam menjalani hidup. Hal tersebut tentunya bisa membantu seseorang untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup.

BACA JUGA:   Aurat Berasal dari Kata: Mengenal Arti dan Makna di Baliknya

5. Menghargai Pasangan Hidup

Dengan menutup aurat, seseorang juga bisa membantu untuk menghargai pasangan hidupnya. Hal tersebut terutama berlaku bagi perempuan, yang bisa membantu sang suami untuk tidak mengalami rasa cemburu dan kekhawatiran yang berlebihan.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, menutup aurat merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Hal tersebut tentunya sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang ingin mencapai kebahagiaan dalam hidup. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk terus mengamalkannya.

Demikianlah pembahasan mengenai mengapa Allah memerintahkan kita untuk menutup aurat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan: