Mengetahui Larangan Bulan Menurut Islam

Dina Yonada

Mengetahui Larangan Bulan Menurut Islam
Mengetahui Larangan Bulan Menurut Islam

Bulan dalam Islam memiliki banyak makna dan simbolisme yang penting. Selain menjadi penentu awal bulan Hijriyah, bulan juga sering dijadikan referensi waktu dalam berbagai ibadah atau ritual. Namun, di balik itu semua, ada beberapa larangan yang perlu diperhatikan di bulan tertentu. Berikut ini adalah beberapa larangan bulan menurut Islam.

Larangan selama bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, dikenal beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh umat Muslim. Berikut ini adalah beberapa larangan yang harus diperhatikan selama bulan Ramadhan.

1. Makan dan minum saat puasa

Puasa pada bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah dasar yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Selama bertahan dari fajar hingga maghrib, umat Muslim harus menahan diri dari makan dan minum. Bahkan hal-hal yang sepele seperti mengunyah permen atau minum air putih, juga harus dihindari selama berpuasa.

2. Berhubungan intim saat puasa

Selain makan dan minum, umat Muslim juga harus menahan diri dari berhubungan intim saat berpuasa. Hal ini termasuk ke dalam salah satu larangan yang harus dipatuhi selama bulan Ramadhan.

3. Berbohong dan berkata kasar

Bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk mengendalikan diri dan meningkatkan akhlak. Oleh karena itu, umat Muslim juga diharapkan untuk tidak berbohong dan berkata kasar selama bulan ini.

BACA JUGA:   Daftar Nama-nama yang Dilarang Islam dan Penjelasannya

4. Merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol

Selama berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim juga diharapkan untuk tidak merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk peningkatan kesadaran diri dan kemandirian dalam mengendalikan diri.

Larangan pada saat bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Hijriyah, di mana terdapat perayaan Hari Raya Idul Adha. Selain itu, ada beberapa larangan yang perlu diperhatikan selama bulan ini yang perlu diperhatikan.

1. Mencukur atau memotong rambut saat ihram

Ihram adalah suatu keadaan di mana umat Muslim memulai perjalanan untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Selama dalam keadaan ihram, tidak diperbolehkan melakukan beberapa hal, antara lain mencukur atau memotong rambut.

2. Mencabut atau memotong kuku

Selain mencukur atau memotong rambut, saat dalam keadaan ihram, umat Muslim juga tidak diperbolehkan mencabut atau memotong kuku. Hal ini termasuk di dalam larangan yang harus dipatuhi selama bulan Dzulhijjah.

3. Berburu binatang liar

Di bulan Dzulhijjah juga dikenal dengan perayaan Hari Raya Idul Adha, di mana umat Muslim diperbolehkan untuk menyembelih hewan tertentu untuk keperluan kurban. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua hewan boleh dikurbankan. Selain itu, tidak diperbolehkan untuk menangkap atau berburu binatang liar dan memanfaatkannya sebagai hewan kurban.

Kesimpulan

Larangan bulan menurut Islam memang cukup banyak, namun seluruh larangan tersebut diberikan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup sebagai seorang Muslim. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mematuhi larangan-larangan tersebut, baik selama bulan Ramadhan maupun bulan lainnya. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang larangan bulan menurut Islam.

Also Read

Bagikan: