Menikah Langsung atau Melalui Taaruf? Kenali Makna dan Tahapan yang Tepat untuk Memulai Kehidupan Baru dalam Islam

Dina Yonada

Menikah Langsung atau Melalui Taaruf? Kenali Makna dan Tahapan yang Tepat untuk Memulai Kehidupan Baru dalam Islam
Menikah Langsung atau Melalui Taaruf? Kenali Makna dan Tahapan yang Tepat untuk Memulai Kehidupan Baru dalam Islam

Langsung Menikah Di Sebut?

Apakah Anda pernah mendengar tentang taaruf? Taaruf adalah proses perkenalan antara pria dan wanita dalam menjalin ikatan suci pernikahan dalam agama Islam. Namun, taaruf bukanlah sembarang proses, melainkan sebuah ibadah yang memiliki tahapan dan aturan yang harus dipenuhi.

Tahapan Taaruf

Tahapan taaruf awal yaitu memperkenalkan diri, setelah itu dilanjutkan dengan saling mengenal. Tahapan taaruf sendiri bertujuan untuk mendapatkan pasangan hidup yang paling tepat secara agama dan karakteristik pribadi. Dalam tahapan ini, para calon suami istri tidak diperbolehkan melakukan aktivitas seperti berduaan ataupun bersentuhan fisik dan seksual pada saat pembicaraan atau pertemuan taaruf berlangsung.

Pentingnya Taaruf

Taaruf dalam agama Islam merupakan ibadah yang sangat dianjurkan karena dapat menghindarkan pasangan suami istri dari perbuatan zina atau hal yang dilarang dalam agama. Seorang muslim dianjurkan untuk memantapkan niat dan memperhatikan syarat-syarat taaruf yang baik dan benar supaya dalam berumah tangga kelak salah satu pihak tidak merasa terpaksa untuk menjalankan hubungan suami istri tersebut.

Taaruf vs Pacaran

Taaruf dapat dikatakan sebagai alternatif yang lebih baik dari pacaran. Selain memperkenalkan diri, dan saling mengenal, taaruf juga mengajarkan psikologi pasangan suami istri dalam memandang hubungan sebagai jalan menuju ibadah dan kebahagiaan. Sedangkan pacaran biasanya lebih bersifat sementara dan lebih kepada mengisi waktu luang serta bersenang-senang bersama tanpa adanya tujuan yang jelas.

Manfaat Taaruf

Manfaat dari taaruf sangat banyak, antara lain:

  • Menciptakan hubungan yang sehat dan kokoh
  • Mendapatkan pasangan hidup yang paling tepat secara agama dan karakteristik pribadi
  • Menghindarkan pasangan suami istri dari perbuatan zina atau hal yang dilarang dalam agama
  • Mempertajam pola pikir dalam memandang hubungan terhadap jenjang pernikahan
  • Menumbuhkan rasa saling percaya dan pengertian di antara pasangan
  • BACA JUGA:   Pilihan Wanita Tidak Menikah: Bolehkah Menurut Perspektif Agama?

    Kesimpulan

    Jadi, taaruf adalah proses yang sangat dijaga dan diatur dalam agama Islam untuk meraih jenjang pernikahan yang suci dan membawa kebahagiaan. Alternatif yang lebih baik dari pacaran, taaruf selain memperkenalkan diri dan saling mengenal, juga mengajarkan psikologi pasangan suami istri dalam memandang hubungan sebagai jalan menuju ibadah dan kebahagiaan. Selain itu, taaruf juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi pasangan suami istri, seperti membentuk hubungan yang kokoh serta mencegah perbuatan yang dilarang dalam agama. Dengan demikian, taaruf seharusnya menjadi pilihan utama bagi setiap muslim yang ingin menikah dan meraih kebahagiaan dalam berumah tangga.

    Also Read

    Bagikan:

    Tags