Menikah Siri? Simak Harga dan Biaya yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jasa Penghulu

Dina Yonada

Menikah Siri? Simak Harga dan Biaya yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jasa Penghulu
Menikah Siri? Simak Harga dan Biaya yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jasa Penghulu

Harga Jasa Penghulu Nikah Siri?

Pendahuluan

Nikah siri merupakan pernikahan yang dilakukan secara hukum Islam namun tidak diakui oleh negara. Hal ini dikarenakan karena nikah siri tidak dilakukan dengan adanya buku nikah yang sah.

Banyak pasangan yang memilih untuk menikah siri karena alasan tertentu seperti ketiadaan legalitas atau pun masalah sosial. Dan untuk melangsungkan pernikahan siri, harus melibatkan penghulu yang akan memimpin prosesi tersebut.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam pernikahan siri adalah berapa biaya atau tarif yang dikenakan oleh penghulu. Berikut ini merupakan rincian harga jasa penghulu nikah siri di Jakarta.

Biaya Nikah Siri di Jakarta

Saat ini, para penghulu telah menetapkan tarif biaya untuk mengikuti prosesi nikah siri dengan kisaran yang bervariasi. Khususnya di kota besar seperti Jakarta, biaya nikah siri dipatok dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa penghulu mematok tarif atau biaya untuk nikah siri sebesar Rp850 ribu hingga Rp1,5 juta. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari tempat yang ditentukan.

Jika Anda mengundang penghulu ke tempat calon mempelai di rumah, hotel, apartemen, atau restoran di Jakarta, biaya akan ditambah dengan transport untuk menuju lokasi.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jasa Penghulu Nikah Siri

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga jasa penghulu nikah siri di Jakarta. Berikut adalah beberapa faktor tersebut.

  1. Tempat Pelaksanaan
  2. Penghulu biasanya membebankan biaya yang lebih mahal jika pernikahan siri dilangsungkan di hotel, apartemen, restoran atau tempat-tempat yang terbilang mewah. Hal ini dikarenakan karena tempat tersebut memerlukan biaya sewa dan pengeluaran lainnya yang lebih besar.

  3. Lokasi
  4. Lokasi yang cukup terpencil biasanya akan memberikan biaya yang lebih tinggi karena penghulu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan transportasi ke tempat tersebut. Lokasi yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor penghulu biasanya akan memperoleh biaya yang lebih murah.

  5. Lama Waktu Pelaksanaan
  6. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pernikahan siri, maka semakin tinggi biaya yang akan dikenakan. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya tamu undangan serta suasana yang diciptakan pada saat penghulu sedang menikahkan pasangan tersebut.

  7. Jumlah Tamu Undangan
  8. Jumlah tamu undangan yang ditampilkan juga mempengaruhi harga jasa penghulu nikah siri. Semakin banyak jumlah tamu undangan, maka biasanya biaya yang dikenakan juga semakin tinggi. Hal ini dikarenakan harus adanya persiapan tambahan seperti makanan, minuman, dan penyewaan tempat yang cukup besar.

BACA JUGA:   Dampak Nikah Muda Terhadap Kesehatan Ibu dan Anak: Perlunya Pendidikan Kesehatan Reproduksi yang Benar dan Terpercaya bagi Remaja

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait harga jasa penghulu untuk pelaksanaan nikah siri di Jakarta. Pastikan untuk merencanakan segalanya secara matang agar biaya yang dikeluarkan dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Namun, pada akhirnya, apapun biaya yang dikenakan, nikah siri tetaplah tidak memiliki pengakuan dari pihak pemerintah. Oleh sebab itu, pernikahan yang sah dan memiliki legalitas tetaplah harus dilakukan melalui KUA setempat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Also Read

Bagikan:

Tags