Menutup Aurat Hukumnya

Huda Nuri

Menutup Aurat Hukumnya
Menutup Aurat Hukumnya

Membahas tentang penutupan aurat, selalu menjadi perhatian terutama bagi perempuan Muslim. Penutup aurat diperintahkan oleh agama Islam sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah SWT.

Apa itu Aurat?

Aurat adalah tempat tubuh manusia yang wajib ditutup bagi umat Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki, auratnya adalah sebagian dari tubuhnya dari pusar hingga lutut. Sedangkan, aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Hukum Menutup Aurat

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang telah baligh untuk menutupi auratnya. Dalam kitab Al-Quran, aturan berpakaian yang menutupi aurat telah jelas tertulis dalam ayat Al-Ahzab 59:

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istrinya para pemimpin yang beriman, "Hendaklah mereka menutupi seluruh tubuh mereka dengan jilbab yang panjang. Dengan cara itu, mereka akan lebih mudah dibedakan dan tidak akan dimusuhi." Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Namun, beberapa orang masih belum memahami dengan baik tentang hukum menutup aurat. Beberapa bahkan beranggapan bahwa menutup aurat hanya bersifat sunnah. Padahal, sesungguhnya menutup aurat adalah kewajiban kita sebagai umat Muslim.

Mengapa Menutup Aurat Penting?

Menutup aurat tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban sebagai umat Muslim, tetapi juga memiliki makna yang sangat penting. Berikut beberapa alasannya:

  1. Menjaga Martabat Diri
    Dengan menutup aurat, seseorang dapat menjaga martabat dirinya. Kita tidak ingin menjadi objek hasrat seksual orang yang tidak berkepentingan, bukan?

  2. Menjaga Kehormatan Diri
    Menutup aurat juga menghindarkan kita dari perilaku yang tidak senonoh. Dengan menutup aurat, kita menjadi lebih terhormat dan dihormati.

  3. Menghindarkan Diri dari Godaan
    Kita semua tahu bahwa setiap manusia pasti mengalami godaan. Namun, dengan menutup aurat, kita dapat mengurangi godaan yang tidak perlu.

  4. Menjaga Kedamaian Hati
    Dengan menutup aurat, kita dapat merasa lebih tenang dan nyaman. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi hati dan pikiran menjadi lebih baik.

BACA JUGA:   Batasan Aurat Bagi Wanita Muslimah Menurut Ajaran Islam

Cara Menutup Aurat yang Baik

Untuk menutup aurat yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips praktisnya:

  1. Pilihlah Pakaian yang Tepat
    Pilihlah pakaian yang longgar dan tidak menerawang, serta menutupi seluruh tubuh sesuai aturan.

  2. Hindari Pakaian yang Menerawang
    Membeli pakaian yang tidak menerawang bisa menjadi pilihan tepat saat ingin menutup aurat.

  3. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat
    Pakaian yang terlalu ketat pada dasarnya membuat auratmu terlihat. Hindari menggunakan pakaian seperti ini saat kondangan dan sejenisnya.

  4. Gunakan Penutup Kepala
    Penutup kepala atau hijab menjadi salah satu hal wajib yang harus dipakai oleh perempuan Muslim. Gunakan hijab yang longgar dan menutupi dada.

  5. Perhatikan Warna Pakaian
    Warna pakaian yang terlalu mencolok akan membuat pandangan orang tertuju pada dirimu. Hindari menggunakan pakaian warna terang terutama saat keluar rumah.

Kesimpulan

Menutup aurat adalah kewajiban bagi umat Muslim sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Meski sederhana, namun penutupan aurat memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, kita harus memerhatikan dengan baik tentang penutupan aurat dari segi pemilihan pakaian hingga aksesoris.

Mari bersama-sama menjaga kehormatan diri dan menghindarkan diri sendiri dari segala macam godaan dengan menutup aurat yang benar dan sesuai aturan.

Also Read

Bagikan: