Nasehat Pernikahan dalam Islam

Huda Nuri

Nasehat Pernikahan dalam Islam
Nasehat Pernikahan dalam Islam

Pernikahan adalah salah satu momen penting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai ikatan pernikahan, tetapi juga sebagai sunnah Rasulullah. Oleh karena itu, dalam pernikahan harus menjadi sangat berhati-hati agar tidak menyalahi hukum Allah SWT. Berikut beberapa nasehat pernikahan dalam Islam yang perlu diperhatikan.

Memilih Pasangan yang Baik

Permusuhan dalam pernikahan adalah rahasia yang sangat buruk. Oleh karena itu, memilih pasangan yang tepat sangat penting. Terkadang pasangan menikah dengan seseorang hanya karena fisik dan materi yang dimilikinya. Padahal, lebih penting untuk mengetahui sifat dan perilaku pasangan secara keseluruhan. Allah SWT berfirman dalam Al Quran, "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah diciptakan-Nya untukmu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenang dan tenteram kepadanya serta dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang dan belas kasihan." (QS. Ar-Rum: 21).

Menjaga Komunikasi yang Baik

Salah satu faktor penting dalam menjaga pernikahan yang bahagia adalah komunikasi yang baik antara suami dan istri. Salah satu contoh baik adalah fokus mendengarkan pasangan ketika ia bercerita. Selain itu, hindari pembicaraan yang bertujuan untuk mencelakakan atau melukai hati.

Berbuat Baik kepada Mertua

Dalam Islam, berbuat baik kepada mertua sangat penting dan dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, “Allah menganjurkan kepada kalian agar berbakti kepada ibu dalam tiga perkara, yaitu ketika ia masih hidup dan ketika ia meninggal dunia serta dengan berbuat baik kepada orang yang dekat dengannya.” (HR. Bukhari).

Bijaksana dalam Menyelesaikan Perselisihan

Perselisihan dalam rumah tangga sangatlah umum. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyelesaikan masalah dengan bijaksana dan tanpa memihak. Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya mengatakan, "Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik di antara kalian dalam memperlakukan istri-istri kalian, dan aku terbaik di antara kalian dalam memperlakukan istriku." (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:   Mengapa Banyak Perempuan Takut Menikah? Alasan Trauma Masa Lalu Adalah Penyebab Utamanya.

Menjaga Intimasi

Intimasi yang baik antara suami dan istri sangatlah penting untuk menjaga kelangsungan pernikahan. Terutama dalam Islam, suami dan istri harus menjaga tingkat kebersihan terutama saat berhubungan intim. Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya intimasi dalam pernikahan dalam hadisnya, “Sesungguhnya mendatangkan malam itu disukai oleh Allah karena di dalamnya ada dua orang yang saling mengajak untuk melakukan kebajikan yang tidak dilakukan selain oleh mereka.” (HR. Bukhari).

Kesimpulan

Memilih pasangan yang tepat, menjaga komunikasi yang baik, berbuat baik kepada mertua, bijaksana dalam menyelesaikan perselisihan, dan menjaga intimasi adalah nasehat penting dalam pernikahan dalam Islam. Agar pernikahan berjalan dengan lancar, mohon selalu mengingat nasehat-nasehat tersebut. Semoga Allah SWT memberkahi pernikahan kita semua.

Also Read

Bagikan: