Pengertian Aurat Adalah dan Peranannya dalam Agama Islam

Huda Nuri

Pengertian Aurat Adalah dan Peranannya dalam Agama Islam
Pengertian Aurat Adalah dan Peranannya dalam Agama Islam

Pengertian aurat adalah suatu hal yang sangat penting dalam agama Islam, baik bagi wanita maupun laki-laki. Aurat sendiri adalah suatu jenis pakaian atau bagian tubuh yang harus ditutupi secara sempurna sesuai dengan aturan agama Islam. Aurat ini harus ditutupi agar tidak menimbulkan hasrat atau godaan pada orang lain, terutama untuk wanita muslimah.

Kewajiban Menutup Aurat bagi Wanita

Dalam agama Islam, wanita diwajibkan untuk menutup auratnya. Aurat bagi wanita mencakup seluruh tubuh kecuali wajahnya dan kedua telapak tangannya. Seluruh bagian yang harus ditutupi oleh aurat wanita yaitu rambut, leher, pundak, dada, perut, punggung, dan kaki kecuali telapak kaki. Untuk menutup aurat, wanita biasanya menggunakan jilbab, kerudung atau hijab sebagai penutup kepala, kemudian menggunakan baju yang tidak ketat dan menutupi seluruh tubuh bagian atas, serta rok atau celana panjang yang menutupi kaki hingga mata kaki.

Kewajiban Menutup Aurat bagi Laki-Laki

Sedangkan untuk laki-laki, yang harus ditutupi bagi aurat yaitu bagian tubuh dari pusar hingga lutut. Kebanyakan laki-laki akan menutup auratnya dengan menggunakan celana pendek atau celana panjang sesuai dengan kesepakatan dalam adat, agama, dan budaya yang ada. Jangan sampai ada bagian dari tubuh yang terbuka karena hal ini sangat dilarang dan bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Alasan Mengapa Aurat Harus Ditutupi

Alasan mengapa aurat harus ditutupi terkait dengan bagaimana langkah-langkah mencegah kemaksiatan yang biasa dilakukan oleh manusia. Dengan menutup aurat, maka tidak ada godaan atau hasrat berlebihan pada orang yang kita temui. Hal ini bertujuan agar kita tidak terjerumus atau terdorong untuk melakukan perbuatan yang tidak benar, sehingga dapat memelihara kesucian hati dan pikiran manusia dalam menjalankan agama Islam.

BACA JUGA:   Aurat Wanita Adalah: Pahami Definisi dan Maknanya

Kuncupan Akhir

Dalam menjalankan aturan agama Islam, menutup aurat menjadi wajib bagi setiap muslim. Bagi wanita, aurat meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan, sedangkan bagi laki-laki aurat meliputi dari pusar hingga lutut. Semua aturan yang diberikan oleh agama Islam bertujuan untuk menjaga kesucian hati dan pikiran manusia dalam menunaikan ibadah untuk mengikuti ajaran agama Islam yang benar. Mari kita mempelajari aturan agama Islam dengan lebih baik lagi dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Also Read

Bagikan: