Pentingnya Tes Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas untuk Menjaga Kesehatan dan Mencegah Penyakit Menular Seksual dan Gangguan Darah.

Dina Yonada

Pentingnya Tes Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas untuk Menjaga Kesehatan dan Mencegah Penyakit Menular Seksual dan Gangguan Darah.
Pentingnya Tes Kesehatan Pra Nikah di Puskesmas untuk Menjaga Kesehatan dan Mencegah Penyakit Menular Seksual dan Gangguan Darah.

Kenapa Sebelum Menikah Harus ke Puskesmas?

Sebelum memutuskan untuk menikah, keputusan yang diambil tentu sangat penting. Selain faktor cinta, komitmen, dan tanggung jawab, ada juga faktor kesehatan yang tak kalah pentingnya. Banyak pasangan yang memutuskan untuk mengikuti tes kesehatan pra nikah sebelum menikah, salah satunya dengan mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas. Berikut ini adalah alasan kenapa tes kesehatan pra nikah sangatlah penting.

Membatasi Penyebaran Penyakit Menular Seksual

Penularan penyakit menular seksual seperti hepatitis B dan C, serta HIV/AIDS, merupakan masalah serius yang sangat perlu diwaspadai. Tes kesehatan pra nikah menjadi suatu hal yang sangat penting, karena dengan melakukan tes ini, kita dapat mengetahui apakah pasangan memiliki riwayat penyakit menular seksual. Hal ini penting karena dengan mengetahui status kesehatan pasangan, kita dapat melakukan tindakan preventif agar tidak terjadi penularan penyakit antara pasangan atau bahkan ke anak-anak yang akan dilahirkan.

Mencegah Penyakit Gangguan Darah yang Muncul Akibat Masalah Genetik

Penyakit gangguan darah seperti anemia sel sabit dan thalasemia adalah contoh dari masalah kesehatan genetik yang dapat muncul pada keturunan suatu pasangan. Dalam tes pra nikah, pasangan akan dites apakah mereka memiliki riwayat penyakit ini. Jika salah satu atau bahkan kedua pasangan memiliki riwayat penyakit ini, maka ada kemungkinan besar anak-anak mereka akan menderita penyakit tersebut. Oleh karena itu, tes kesehatan pra nikah sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit pada keturunan.

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Selain dua alasan di atas, tes kesehatan pra nikah juga digunakan untuk mengecek kesehatan reproduksi pasangan. Hal ini sangat penting karena dapat menentukan kemampuan pasangan untuk memiliki anak. Selain itu, tes kesehatan pra nikah juga dapat mendeteksi adanya masalah kesehatan pada rahim, saluran tuba, dan organ reproduksi lainnya. Jika terdeteksi adanya masalah pada reproduksi, maka pasangan dapat melakukan tindakan preventif atau penanganan medis agar dapat memiliki anak yang sehat di kemudian hari.

BACA JUGA:   Hukum Orang Tua yang Mempersulit Pernikahan Anaknya

Menjaga Kedua Belah Pihak

Tes kesehatan pra nikah juga dapat menjadi jaminan bagi kedua belah pihak. Dalam sebuah pernikahan, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah bagaimana pasangan dapat hidup bahagia bersama tanpa harus dipenuhi dengan masalah kesehatan. Dengan mengikuti tes pra nikah, pasangan dapat mengetahui secara pasti mengenai status kesehatan mereka dan dapat memberikan jaminan bahwa mereka berdua dalam keadaan sehat.

Kesimpulannya, tes kesehatan pra nikah sangatlah penting bagi pasangan yang hendak menikah. Ada banyak alasan mengapa tes kesehatan pra nikah sangat penting, seperti membatasi penyebaran penyakit menular seksual, mencegah penyakit gangguan darah yang muncul akibat masalah genetik, menjaga kesehatan reproduksi, dan menjaga kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebelum menikah, pastikan untuk mengunjungi Puskesmas dan melakukan tes kesehatan pra nikah. Dengan melakukan hal ini, kita dapat memberikan jaminan bahwa kita akan memulai kehidupan yang bahagia bersama dalam status kesehatan yang baik.

Also Read

Bagikan:

Tags