Perintah Menutup Aurat Diperintahkan Allah SWT dalam Surah

Huda Nuri

Perintah Menutup Aurat Diperintahkan Allah SWT dalam Surah
Perintah Menutup Aurat Diperintahkan Allah SWT dalam Surah

Menutup aurat merupakan salah satu perintah dalam Islam yang harus dijalankan oleh setiap muslimah. Perintah menutup aurat diperintahkan oleh Allah SWT dalam surah An-Nur ayat 31 yang berbunyi, "Dan katakanlah kepada wanita yang beriman, agar mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, melainkan kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pembantu-pembantu yang tidak mempunyai keinginan, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung."

Menutup aurat ini bukan hanya sekedar aturan atau kewajiban, namun juga merupakan bentuk pengorbanan bagi wanita muslimah yang menjalankan perintah ini. Sebab, dengan menutup aurat, wanita muslimah tidak hanya menjaga dirinya dari pandangan yang tidak pantas, tetapi juga membantu menjaga kesatuan dan keutuhan keluarga. Sebagai seorang muslimah, menutup aurat juga membantu menjaga kesucian hati dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Menutup aurat dalam Islam juga dilakukan dengan menggunakan pakaian yang sopan dan tidak mencolok. Pakaian yang digunakan harus dapat menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghargai diri sendiri dan orang lain. Dalam menjalankan perintah menutup aurat, maka seorang muslimah harus berupaya untuk menghindari barang-barang berbau erotis dan menjauhi cara berpakaian yang terlalu ketat hingga membentuk tubuh.

BACA JUGA:   Aurat Laki-Laki: Pentingnya Menjaga Aurat Bagi Pria Muslim

Banyak keutamaan yang dapat diperoleh jika seorang muslimah menjalankan perintah menutup aurat. Dalam Islam, seorang muslimah yang menutup aurat akan mendapatkan pahala yang besar. Pahala ini tidak hanya diperoleh di dunia, tetapi juga di akhirat kelak. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Wanita yang menutup auratnya dan menjaga kehormatannya, mereka akan masuk surga tanpa hisab."

Menutup aurat juga merupakan wujud kecintaan dan ketaatan seorang muslimah kepada Allah SWT. Bagi seorang muslimah yang menjalankan perintah menutup aurat, maka ia akan merasa lebih tenang dan damai karena telah berbuat baik kepada Allah SWT. Selain itu, menutup aurat juga membantu menjaga kesucian hati dan menjauhkan diri dari dosa-dosa besar.

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang muslimah yang menjalankan perintah menutup aurat akan lebih mendapat penghormatan dari keluarga dan lingkungannya. Sebab, dengan menutup aurat, ia telah membantu menjaga kehormatan keluarga dan dirinya sendiri. Selain itu, tindakan ini juga menunjukkan bahwa ia merupakan muslimah yang taat dan bertanggung jawab.

Dalam Islam, menutup aurat tidak hanya berlaku bagi wanita, tetapi juga bagi pria. Pria juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan tidak mencolok, serta tidak memakai pakaian yang melebihi tubuh. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menganjurkan untuk menjaga kesopanan dan kerendahan hati.

Dalam mengakhiri artikel ini, mari kita semua mengintrospeksi diri dan melakukan perbaikan dalam menjalankan perintah menutup aurat. Sebagai seorang muslimah atau muslim yang taat, sudah seharusnya kita tidak hanya sekedar mengikuti aturan, melainkan juga merenungkan makna dan tujuan dari setiap perintah yang diberikan dalam Islam. Mari bersama-sama kita berusaha untuk selalu mengikuti aturan yang benar dan menjalankan perintah dengan baik, sehingga kita dapat menjadi muslim yang lebih baik dan dapat meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

Also Read

Bagikan: