Pernikahan Sederhana dalam Islam

Dina Yonada

Pernikahan Sederhana dalam Islam
Pernikahan Sederhana dalam Islam

Menikah adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam. Namun, pernikahan tidak harus mewah dan mahal. Pernikahan sederhana dalam Islam sebenarnya lebih dianjurkan karena lebih menekankan pada nilai-nilai keagamaan dan kekeluargaan. Di dalam agama Islam, pernikahan sederhana bisa diartikan sebagai sebuah upaya untuk menjaga keluarga bahagia dan sejahtera tanpa harus menghasilkan pengeluaran yang besar.

Menikah Sederhana dalam Islam

Menurut ajaran Islam, menikah sederhana tidaklah salah. Malah, menurut beberapa ulama, menikah yang sederhana tersebut adalah lebih baik karena fokus pada keberkahan dan nilai-nilai kesederhanaan. Di dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW terdapat banyak sekali petunjuk terkait dengan pernikahan sederhana dalam Islam. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Nikahilah perempuan yang shalihah karena dia akan memberikan keberkahan pada dirimu."

Dalam praktiknya, menikah sederhana dalam Islam bisa dilakukan dengan cara meminimalisasi acara pernikahan dengan mengurangi beberapa hal yang sebenarnya bukan termasuk dalam kebutuhan. Salah satu contohnya adalah dengan mengurangi besarnya mahar. Meskipun mahar dalam pernikahan Islam bukanlah kewajiban, namun sebaiknya mahar yang diberikan tetap di dalam batas yang wajar dan bisa ditanggung oleh suami.

Tips Menikah Sederhana dalam Islam

Berikut merupakan beberapa tips menikah sederhana dalam Islam yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk calon pengantin.

1. Persiapan Pernikahan

Sebaiknya persiapan pernikahan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan mengedepankan nilai-nilai kesederhanaan. Contohnya, memilih lokasi acara pernikahan yang tidak terlalu glamour dan tidak perlu dilakukan di hotel bintang lima. Selain itu, memilih katering yang tidak terlalu mewah dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

BACA JUGA:   Syarat dan Rukun Nikah dalam Islam: Peran Wali Nikah dan Saksi dalam Menyaksikan Sahnya Pernikahan

2. Undangan

Undangan bisa dilakukan dengan cara membuat undangan sederhana yang bisa dibuat sendiri dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Undangan sederhana tidak perlu mewah yang penting bisa memberikan informasi yang jelas tentang waktu, tempat, dan acara pernikahan.

3. Busana Pengantin

Busana pengantin sederhana bisa menyewa atau membuat sendiri. Pilih bahan dan model busana yang sederhana namun tetap cantik. Busana pengantin juga tidak harus berwarna putih, dapat dicocokkan dengan warna tema pernikahan yang diinginkan.

4. Dekorasi

Pilih dekorasi yang sederhana dan menyesuaikan tema pernikahan. Pernikahan sederhana biasanya memakai dekorasi yang simpel dan tidak berlebihan.

5. Hiburan

Pilihan hiburan bisa menyimpan lagu-lagu pilihan sendiri maupun mengundang penyanyi atau grup band kecil. Hiburan yang sederhana tidak selalu identik dengan buruk, malah justru menciptakan suasana pernikahan yang akrab dan tidak kaku.

6. Fotografer

Memilih fotografer yang handal dan mampu memberikan hasil foto yang memuaskan. Penggunaan kamera DSLR bisa menjadi pertimbangan karena memberikan hasil yang tajam dan berkualitas.

7. Makanan

Sedia makanan dengan jumlah yang secukupnya, tidak terlalu banyak yang memicu pemborosan. Makanan yang disajikan pun tidak harus mewah, bisa disesuaikan dengan tema pernikahan.

Kesimpulan

Pernikahan sederhana dalam Islam bisa dilakukan dengan mengurangi hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan dalam pernikahan. Menikah sederhana akan memberikan kesan yang pekat di dalam kebersamaan dengan keluarga dan teman. Selain itu, dengan menikah sederhana akan menghemat pengeluaran yang tidak perlu dan lebih memfokuskan pada kebutuhan utama dalam keberhasilan rumah tangga bahagia.

Also Read

Bagikan: