Persiapan Nikah yang Penting: Imunisasi TT dan Biayanya di Puskesmas

Dina Yonada

Persiapan Nikah yang Penting: Imunisasi TT dan Biayanya di Puskesmas
Persiapan Nikah yang Penting: Imunisasi TT dan Biayanya di Puskesmas

Imunisasi Nikah Bayar Berapa?

Kenali Pentingnya Imunisasi Sebelum Menikah

Sebelum menikah, selain persiapan mental dan keuangan, pasangan juga harus mempersiapkan diri dari sisi kesehatan. Salah satu persiapan kesehatan yang perlu dilakukan adalah imunisasi, terutama imunisasi tetanus toksoid (TT).

Imunisasi TT merupakan imunisasi yang wajib dijalani oleh calon pengantin, baik pria maupun wanita, untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri tetanus (kudis) pada ibu hamil dan bayi baru lahir. Infeksi tetanus pada bayi bisa terjadi jika si ibu yang tidak divaksin TT mengalami luka saat proses persalinan atau pun melahirkan di tempat yang tidak hygienis.

Waktu yang Tepat untuk Pemberian Imunisasi TT

Imunisasi TT harus diberikan dengan waktu yang tepat dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pemberian imunisasi ini harus dilakukan minimal 2-6 bulan, atau selambat-lambatnya 1 bulan sebelum menikah. Khususnya bagi pasangan yang sudah melakukan aktivitas seksual, sebaiknya dilakukan paling tidak 1 bulan sebelumnya.

Biaya Imunisasi TT

Biaya imunisasi TT tentunya akan berbeda pada tiap-tiap puskesmas di Indonesia. Namun, secara rata-rata, biaya imunisasi TT berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Biaya yang relatif terjangkau ini sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan oleh calon pengantin.

Luasnya penyebaran laporan kasus tetanus neonatorum ini adalah lebih banyak pada masyarakat yang tidak mengetahui dengan baik tentang pentingnya imunisasi. Maka tidak salah jika saat ini semua pasangan yang akan menikah harus mengetahui dengan jelas persyaratan dan waktu yang tepat untuk imunisasi TT sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari. Terutama bagi pasangan yang baru pertama kali akan menikah, imunisasi TT menjadi persyaratan wajib sebelum melangsungkan pernikahan. Dengan begitu, imunisasi TT tidaklah menjadi hal yang mahal apabila dibandingkan dengan kesehatan diri dan anggota keluarga di masa yang akan datang.

BACA JUGA:   Hukum Nikah Siri dalam Agama Islam

Banyak paren yang biasanya meremehkan pentingnya melakukan imunisasi TT sebelum menikah. Padahal, imunisasi TT penting untuk menjaga kesehatan diri dan pasangan, terutama saat masa kehamilan. Oleh karena itu, pastikan Anda dan pasangan sudah menjalani imunisasi TT sebelum menikah.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan pemahaman bagi para calon pengantin tentang pentingnya melakukan imunisasi TT sebelum menikah. Jangan lupa bagi Anda yang ingin menjalankan imunisasi TT, pastikan untuk mempersiapkan biaya yang dibutuhkan dan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh pihak puskesmas. tetap utamakan kesehatan Anda dan keluarga di masa yang akan datang.

Also Read

Bagikan:

Tags