Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Perlu Diketahui Biaya Nikah di KUA Versi Terbaru

Dina Yonada

Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Perlu Diketahui Biaya Nikah di KUA Versi Terbaru
Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Perlu Diketahui Biaya Nikah di KUA Versi Terbaru

Biaya Nikah di KUA 2023?

Peraturan KUA Terbaru Mengenai Biaya Nikah

Saat ini, nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) memang masih menjadi pilihan banyak pasangan yang ingin resmi menikah. Selain terbilang mudah dan cepat, nikah di KUA juga dianggap memiliki keabsahan secara syariat Islam yang tentu saja sangat penting bagi sebagian besar pasangan Muslim di Indonesia.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, peraturan mengenai biaya nikah di KUA juga mulai berubah. Sebagai calon pengantin, kamu tentu harus memahami dan mengetahui informasi terbaru terkait biaya nikah di KUA dan perubahan apa saja yang mungkin terjadi.

Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai biaya nikah di KUA tahun 2023:

1. Biaya nikah di KUA masih gratis selama dilangsungkan pada hari dan jam kerja.

Meskipun terdapat beberapa KUA yang mengharuskan pasangan membayar biaya administrasi sebesar Rp200 ribu, namun pada umumnya biaya nikah di KUA saat ini masih gratis selama dilakukan pada hari dan jam kerja.

Namun, kamu perlu memahami bahwa peraturan ini masih bisa berubah setiap tahun. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu mengecek informasi terbaru seputar biaya nikah di KUA sebelum mulai mempersiapkan pernikahan.

2. Biaya nikah di luar KUA dikenakan biaya sebesar Rp600 ribu.

Bagi pasangan yang ingin melakukan akad nikah di luar KUA atau diluar hari dan jam kerja resmi, maka harus siap membayar biaya sebesar Rp600 ribu. Tentu saja, biaya ini bisa bertambah tergantung dari kebijakan masing-masing KUA.

Sebaiknya, kamu mempertimbangkan baik-baik saat memilih lokasi pernikahan agar tidak terlalu membebani budget pernikahan kamu.

BACA JUGA:   Menikah Karena Allah SWT: Memahami Konsep, Ciri-ciri, dan Tujuan Menikah dalam Islam

3. Perubahan mengenai biaya nikah bisa terjadi sewaktu-waktu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peraturan mengenai biaya nikah di KUA bisa berubah setiap tahun. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi jumlah biaya yang harus kamu bayarkan saat menikah di KUA.

Sebagai pasangan calon pengantin yang cerdas, kamu harus selalu memastikan informasi terbaru terkait biaya nikah di KUA sebelum mempersiapkan pernikahan. Pastikan kamu sudah memiliki budget yang cukup untuk semua biaya yang dibutuhkan, termasuk biaya nikah di KUA.

4. Segera persiapkan pernikahanmu

Dalam rangka mempersiapkan pernikahanmu, tentu saja kamu harus memikirkan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Mulai dari memilih vendor penyedia jasa, pemilihan dekorasi, konsumsi hingga mempersiapkan biaya nikah termasuk biaya nikah di KUA.

Banyak vendor yang menyediakan paket pernikahan, termasuk biaya nikah di KUA. Bahkan di dalamnya sudah termasuk biaya kursi tamu, cincin, dan dokumentasi. Tentu saja dengan memilih paket ini bisa menghemat pengeluaran dan kamu lebih mudah dalam perhitungan biaya.

Kesimpulan

Bagi pasangan calon pengantin di tahun 2023, kamu harus memastikan terlebih dahulu informasi terkait biaya nikah di KUA sebelum memasuki tahap persiapan pernikahan. Meskipun saat ini biaya nikah di KUA masih gratis selama dilangsungkan pada hari dan jam kerja, namun kamu tetap harus menyiapkan budget pengeluaran sekitar 2 juta untuk mempersiapkannya secara menyeluruh termasuk untuk biaya nikah di luar KUA.

Dalam mempersiapkan persiapan nikah, cobalah untuk memilih vendor penyedia jasa yang sudah terpercaya dan sudah berpengalaman dalam melayani pernikahan kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dan mempunyai pengalaman pernikahan yang berkesan.

Selalu ingat, persiapkanlah segala sesuatunya dengan cermat dan penuh kasih sayang, sehingga pernikahanmu akan menjadi pernikahan terbaik yang akan dikenang sepanjang masa.

Also Read

Bagikan:

Tags