Persiapan Pernikahan yang Sukses: 5 Pertanyaan Penting yang Harus Dibahas dalam Bimbingan Pra-Nikah

Dina Yonada

Persiapan Pernikahan yang Sukses: 5 Pertanyaan Penting yang Harus Dibahas dalam Bimbingan Pra-Nikah
Persiapan Pernikahan yang Sukses: 5 Pertanyaan Penting yang Harus Dibahas dalam Bimbingan Pra-Nikah

Apa saja pertanyaan saat bimbingan pra nikah?

Makna Pernikahan

Pernikahan adalah tahap baru dalam kehidupan yang akan dijalani oleh dua insan yang memutuskan untuk bersatu dan menjalani kehidupan bersama. Namun, sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya, penting bagi calon pengantin untuk merenungi dan memahami makna pernikahan bagi diri masing-masing. Pertanyaan seperti “Apa makna pernikahan bagi kamu?” menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul saat bimbingan pra nikah.

Kehendak untuk Memiliki Anak

Memiliki anak adalah impian bagi banyak pasangan suami istri setelah menikah. Namun, tak semua pasangan memiliki keinginan yang sama terkait memiliki anak. Calon pengantin perlu membicarakan hal ini dengan jelas. Hal ini penting agar tidak ada perbedaan harapan antara suami dan istri apabila suatu saat kelak mereka memutuskan untuk memiliki keturunan. Pertanyaan seperti “Apakah pernikahan ini ingin memiliki anak atau tidak?” menjadi salah satu pertanyaan yang perlu dibahas pada saat bimbingan pra nikah.

Kepemilikan Keuangan dalam Rumah Tangga

Pada dasarnya, keuangan merupakan salah satu hal yang menjadi masalah paling sensitif dalam sebuah pernikahan. Untuk itu, penting bagi calon pengantin untuk berbicara terkait rencana keuangan dalam rumah tangga secara terbuka dan jelas. Perlu diputuskan bagaimana cara mengatur keuangan dalam keluarga, terlebih lagi setelah menikah. Pertanyaan seperti “Bagaimanakah keuangan rumah tangga akan diatur?” perlu dijawab secara terinci.

Lokasi Tinggal Setelah Menikah

Salah satu pertanyaan penting yang juga sering diajukan pada saat bimbingan pra nikah adalah terkait dengan tempat tinggal setelah pernikahan. Setelah menikah, pasangan baru akan menjalani hidup bersama. Pertanyaan seperti “Di manakah kita akan tinggal setelah menikah?” menjadi salah satu pertanyaan yang harus dibahas agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pasangan setelah menikah.

BACA JUGA:   Sah, Sudahkah Kamu Mengetahui Pentingnya Mahar dalam Pernikahan?

Hubungan dengan Keluarga Besar

Terakhir, penting untuk tidak melupakan hubungan dengan keluarga besar setiap pasangan. Sebelum menikah, perlu diputuskan bagaimana hubungan dengan keluarga besar akan diatur setelah menikah. Pertanyaan yang sering diajukan dalam bimbingan pra nikah terkait hal ini adalah “Bagaimanakah mengatur hubungan dengan keluarga besar?”.

Dalam kesimpulannya, bimbingan pra nikah menjadi salah satu tahapan penting dalam persiapan pernikahan. Melalui bimbingan ini, pasangan calon pengantin diajarkan bagaimana seluk-beluk sebuah pernikahan dan diharapkan dapat membuka jalan bagi sebuah pernikahan yang bahagia dan

Also Read

Bagikan:

Tags