Rambut yang Dilarang dalam Islam

Dina Yonada

Rambut yang Dilarang dalam Islam
Rambut yang Dilarang dalam Islam

Dalam Islam, ada beberapa aturan dan tata cara yang harus diikuti oleh umat muslim agar dapat menjalani hidup dengan lebih baik dan benar di mata Allah SWT. Salah satu aturan yang harus diperhatikan adalah mengenai rambut. Dalam Islam, ada beberapa jenis rambut yang dilarang.

Rambut yang Dilarang bagi Wanita

  1. Rambut Emas

Wanita dilarang mengecat rambutnya dengan warna emas atau warna yang menyerupai emas. Hal ini karena penggunaan cat rambut berwarna emas atau serupa emas dapat menunjukkan kesombongan dan keangkuhan yang tidak sesuai dengan tata cara hidup muslim.

  1. Rambut Menutupi Kening

Wanita muslim dianjurkan untuk memperlihatkan keningnya sebagai suatu tanda kepatuhan sekaligus penghormatan terhadap Allah SWT. Oleh karena itu, wanita muslim dilarang menutupi keningnya dengan cara mengikat rambut terlalu rendah. Selain itu, wanita muslim dianjurkan untuk tidak mengecat rambutnya dengan warna yang mencolok dan mencolok.

  1. Rambut Palsu

Wanita muslim dilarang menggunakan rambut palsu atau hair extension. Penggunaan rambut palsu dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam yang menekankan kejujuran dan kebenaran.

Rambut yang Dilarang bagi Pria

  1. Rambut Panjang

Pria muslim dilarang menumbuhkan rambutnya terlalu panjang. Menurut ajaran Islam, pria muslim harus menjaga rambutnya agar tidak terlalu panjang agar terlihat rapi dan bersih.

  1. Rambut Kaum Nashab

Menurut ajaran Islam, pria muslim yang masih dalam tahap pertumbuhan wajib untuk mencukur rambutnya. Hal ini merupakan simbol dari pengakuan kebesaran Allah SWT dan sebagai tanda kepatuhan dan ketaatan terhadap segala ketentuan-Nya.

  1. Kumis Tebal

Pria muslim juga dilarang menumbuhkan kumis terlalu tebal. Hal ini karena kumis tebal dapat menunjukkan kesan yang buruk terhadap penampilan seseorang. Oleh karena itu, pria muslim dianjurkan untuk memotong kumisnya agar tidak terlihat tebal dan menjaga penampilannya dengan rapi.

BACA JUGA:   6 Hal yang Dilarang Islam saat Berhubungan Suami Istri

Kesimpulan

Dalam ajaran Islam, ada beberapa jenis rambut yang dilarang untuk wanita dan pria. Wanita dilarang mengecat rambutnya dengan warna emas, menutupi keningnya dengan rambut yang terlalu rendah, dan menggunakan rambut palsu, sementara pria dilarang menumbuhkan rambut terlalu panjang dan kumis terlalu tebal. Hal ini bertujuan agar umat muslim dapat menjalankan hidup dengan lebih baik dan benar serta tampil dengan rapi dan bersih sesuai dengan ajaran Islam.

Also Read

Bagikan: