Secara Bahasa Aurat Artinya

Huda Nuri

Secara Bahasa Aurat Artinya
Secara Bahasa Aurat Artinya

Apa itu Aurat?

Aurat merupakan istilah dalam agama Islam yang berarti bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada umum kecuali kepada keluarga, suami/istrinya, atau dokter yang memeriksanya untuk keperluan kesehatan. Aurat pada wanita mencakup seluruh tubuhnya kecuali wajah, telapak tangan dan telapak kaki. Sedangkan pada pria, auratnya mencakup dari pusar hingga lutut.

Pentingnya Aurat

Pentingnya aurat dalam agama Islam adalah untuk menjaga kesopanan, ketertiban, dan kehormatan diri sendiri dan orang lain. Aurat yang tidak ditutupi dapat memicu hasrat seksual pada orang yang melihatnya dan dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah. Karena itu, orang yang menghormati agama Islam wajib menutup auratnya.

Tafsir Secara Bahasa

Secara bahasa, aurat artinya bagian tubuh yang memerlukan penutup. Artinya, tidak hanya dalam agama Islam, namun juga dalam bahasa Indonesia, penutupan aurat adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan.

Namun, dalam budaya kita yang semakin terbuka, mungkin ada yang menganggap tidak perlu menutup aurat atau menyesuaikan model pakaiannya agar lebih modern. Namun, kita tidak bisa lupa bahwa aurat adalah suatu ketentuan dalam agama dan kita sebagai umat Islam harus mematuhi aturan tersebut.

Memahami Nilai Aurat dalam Budaya Indonesia

Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, menjaga aurat merupakan suatu hal yang sangat penting. Namun, dalam budaya Indonesia, aurat bukan hanya sekadar tentang menutupi bagian tubuh tertentu saja. Aurat juga mencakup perilaku dan ucapan yang tidak sopan dan dapat merugikan orang lain.

BACA JUGA:   Hukum Mengumbar Aurat di Media Sosial

Melalui budaya dalam masyarakat Indonesia, aurat juga mengajarkan kita untuk menjaga sopan santun dan menghargai orang lain. Hal tersebut dapat terlihat dari aturan sopan santun dalam berbahasa, menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berkomunikasi serta menghormati orang yang lebih tua.

Kesan Terhadap Wanita yang Tidak Menutup Aurat

Wanita yang tidak menutup aurat, baik secara sengaja maupun tidak, dapat menimbulkan kesan yang buruk terhadap dirinya. Wanita tersebut dianggap kurang sopan dan tidak memiliki nilai-nilai agama. Hal ini dapat menimbulkan pandangan negatif dari masyarakat dan dapat merugikan diri sendiri dan keluarga.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, aurat memiliki pengertian yang sangat penting dan wajib untuk dipatuhi. Namun, tidak hanya dalam agama Islam, sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, menjaga aurat merupakan suatu hal yang sangat penting dalam budaya Indonesia. Hal tersebut dapat membentuk karakter yang sopan santun dan menghargai orang lain. Karena itu, sebagai umat Islam dan masyarakat Indonesia, kita harus menjaga dan mematuhi aturan aurat yang telah ditetapkan.

Also Read

Bagikan: