Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pelaksanaan Walimatul Ursy dalam Islam

Dina Yonada

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pelaksanaan Walimatul Ursy dalam Islam
Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pelaksanaan Walimatul Ursy dalam Islam

Kapan Walimatul Ursy Dilakukan?

Makna Walimatul Ursy

Dalam agama Islam, pernikahan merupakan suatu peristiwa penting yang harus dilandasi dengan kesungguhan, tanggung jawab, dan rasa cinta yang tulus antara kedua pasangan. Pernikahan tersebut tidak hanya sebatas akad nikah dan akad nikah siri, tetapi juga dilengkapi dengan serangkaian acara yang dikenal dengan istilah Walimatul Ursy.

Walimatul Ursy sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “pembukaan kebahagiaan”. Acara ini merupakan suatu hajatan yang dilakukan oleh keluarga dari pihak pengantin setelah diadakannya akad nikah. Pada acara ini, keluarga dari kedua belah pihak berkumpul untuk makan dan merayakan pernikahan tersebut.

Prosesi Walimatul Ursy

Pelaksanaan Walimatul Ursy dalam Islam dilaksanakan sesudah terjadinya sebuah akad nikah. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw pada saat beliau menikahi Zainab binti Jahsy. Adapun prosesi dalam Walimatul Ursy dapat beragam dari daerah kecamatan, kabupaten sampai kecamatan, bahkan berbeda-beda antar keluarga.

Namun, secara umum, prosesi Walimatul Ursy diawali dengan pembacaan doa oleh seorang tokoh agama. Kemudian, disusul dengan tahlil atas nama pasangan pengantin yang baru saja menikah. Selanjutnya, sebelum acara makan dimulai, adat yang umumnya dilakukan adalah pihak mempelai pria akan memotong daging hewan sembelihan atau kambing yang telah dipersiapkan. Acara ini disebut dengan sebutan “Meunasah”.

Setelah itu, para undangan pun dapat menikmati makanan yang disajikan oleh keluarga kedua mempelai. Biasanya menu yang disajikan adalah makanan yang disajikan secara tradisional seperti nasi kuning ayam, sate, ketupat, dan makanan khas dari daerah setempat. Tak lupa, para undangan akan diberikan oleh-oleh berupa souvenir yang bermanfaat sebagai tanda terima kasih kepada para tamu yang telah hadir.

BACA JUGA:   Mengenal Konsep Nikah Tafwidh: Menikah Tanpa Mahar atas Kerelaan Istri

Manfaat Walimatul Ursy

Walimatul Ursy sangat bermanfaat bagi kedua mempelai dan keluarga besar. Selain sebagai ajang syukuran, walimatul ursy juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan antar keluarga dan juga sebagai ajang silaturahmi antar tetangga dan kerabat.

Melalui acara ini, kedua belah pihak juga dapat saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat, bergabung dalam suatu perayaan kebahagiaan, dan saling menunjukkan rasa kasih sayang serta kekeluargaan yang tulus.

Kesimpulan

Walimatul Ursy merupakan salah satu prosesi dalam upacara pernikahan dalam agama Islam yang memiliki arti penting bagi pasangan pengantin dan juga keluarga besar. Pelaksanaan Walimatul Ursy dapat menghadirkan suasana kebersamaan, kekeluargaan, dan juga mempererat hubungan antar keluarga besar. Semoga acara Walimatul Ursy dapat menjadi suatu bagian dari upacara pernikahan yang berkesan bagi semua pihak yang terlibat.

Also Read

Bagikan:

Tags