Seserahan Pernikahan dalam Islam

Dina Yonada

Seserahan Pernikahan dalam Islam
Seserahan Pernikahan dalam Islam

Seserahan adalah salah satu tradisi dalam pernikahan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Seserahan adalah pemberian berbagai jenis barang oleh pihak pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan sebagai simbol kasih sayang dan dukungan dalam membangun keluarga baru.

Makna dan Filosofi Seserahan

Seserahan mempunyai makna dan filosofi yang cukup dalam dalam tradisi perkawinan Islam. Dalam Islam, pernikahan adalah suatu ibadah yang mendatangkan berkah. Oleh karena itu, seserahan menjadi simbol keseriusan pengantin laki-laki untuk memperistri perempuan yang dicintainya dan memulai kehidupan baru yang akan mempererat hubungan kedua keluarga.

Setiap barang yang diberikan dalam seserahan memiliki makna dan simbol yang terkait dengan pernikahan. Sebagai contoh, bulu mata palsu yang seringkali dikemas dalam kotak untuk dijadikan seserahan melambangkan keterbukaan hati untuk saling percaya dan memercayai.

Jenis-Jenis Barang dalam Seserahan

Jenis-jenis barang yang dijadikan seserahan pada umumnya adalah barang yang dapat digunakan oleh pengantin perempuan pada hari pernikahan dan barang-barang yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga. Berikut ini beberapa barang yang sering dijadikan seserahan:

Al-Quran dan Sarung

Al-Quran dan sarung adalah barang yang selalu hadir dalam setiap akad nikah. Al-Quran sebagai kitab suci bagi umat Islam, dan sarung sebagai simbol ketaatan kepada agama. Kedua barang ini adalah salah satu bentuk dukungan dan doa dalam mengawali kehidupan keluarga baru.

Pakaian dan Perhiasan

Pakaian dan perhiasan menjadi seserahan yang cukup umum diberikan oleh pengantin laki-laki kepada calon istri. Barang-barang ini menunjukkan bahwa pengantin laki-laki memperhatikan penampilan calon istrinya dan ingin memberikan yang terbaik baginya.

BACA JUGA:   Persiapan Pernikahan dalam Islam: Panduan Lengkap

Seserahan Makanan dan Minuman

Pemberian makanan dan minuman sebagai seserahan ke calon istri adalah bentuk dukungan pengantin laki-laki dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum selama awal pernikahan. Biasanya, seserahan makanan dan minuman yang diberikan adalah makanan dan minuman yang berkualitas dan memiliki makna tersendiri bagi pengantin laki-laki.

Barang-barang Elektronik

Saat ini, pengantin laki-laki juga sering memberikan barang-barang elektronik sebagai seserahan. Seperti, telepon seluler, perangkat keras komputer, dan peralatan rumah tangga. Jenis barang elektronik yang diberikan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh calon istri.

Mempersiapkan Seserahan

Penyajian seserahan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar memaksimalkan pesan positif dari tradisi ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan saat menyajikan seserahan:

Memilih Warna yang Serasi

Warna seserahan harus serasi dengan dekorasi ruangan pernikahan dan baju pengantin. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan melalui seserahan dapat tersampaikan dengan baik.

Memilih Kemasan yang Menarik

Kemasan yang menarik akan menambah kesan mewah dari seserahan. Pilihlah kemasan yang sesuai dengan isi dalamnya dan juga cocok dengan tema pernikahan.

Menyiapkan Barang yang Tepat

Pastikan barang yang akan dibawa sesuai dengan kesepakatan dengan keluarga calon istri. Memilih barang yang tepat akan menunjukkan bahwa pengantin laki-laki memperhatikan dan menghargai keluarga calon istri.

Kesimpulan

Seserahan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pernikahan di Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Tradisi ini memberikan makna yang dalam dan filosofi yang terkandung di dalamnya dapat memperkuat ikatan kedua keluarga. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan seserahan, harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar pesan positif dari tradisi ini dapat tersampaikan dengan jelas.

Also Read

Bagikan: