Surat Tentang Menutup Aurat

Huda Nuri

Surat Tentang Menutup Aurat
Surat Tentang Menutup Aurat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sudah selayaknya bagi kita sebagai umat muslim untuk memperhatikan aurat yang harus ditutup dengan baik. Aurat adalah bagian tubuh yang wajib untuk ditutup dan tidak boleh ditampilkan di depan orang yang bukan mahram. Bagi seorang muslimah, hal ini sangat penting karena auratnya tidak boleh ditampilkan kecuali hanya untuk suami atau keluarga dekat.

Menutup aurat juga merupakan perintah dari Allah SWT dan harus dilaksanakan dengan baik. Dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 31 dikatakan, "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau saudara-saudara laki-laki ayah mereka, atau saudara-saudara laki-laki ibu mereka, atau anak-anak perempuan mereka, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan lelaki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita."

Dalam hadis-hadis shahih juga terlihat jelas tentang perintah menutup aurat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, "Any woman who puts on perfume and passes by people so that they can smell her fragrance is an adulteress." Hadis tersebut memperlihatkan betapa pentingnya bagi seorang muslimah untuk menutup aurat dan menjaga kesuciannya.

Menutup aurat juga memberikan manfaat tersendiri bagi diri sendiri. Selain menjaga kesucian diri, menutup aurat juga membantu untuk menjaga diri dari pergaulan bebas dan perilaku buruk lainnya. Dengan menutup aurat, seorang muslimah akan lebih dihormati oleh orang lain karena menampilkan diri dengan sopan dan santun.

BACA JUGA:   Apa Yang Dimaksud dengan Aurat?

Namun demikian, menutup aurat tidak harus selalu terkesan kaku dan membosankan. Ada banyak sekali cara untuk menutup aurat dengan gaya yang modis dan tetap sopan. Kini, sudah banyak tersedia busana muslim yang memadukan gaya dan fashion yang modern. Misalnya hijab yang kekinian dengan aksen-aksen terbaru, jilbab yang sarat dengan manik-manik, dan gamis dengan motif yang indah. Semua busana muslim ini cocok untuk dipadukan dengan pakaian yang trendi dan tetap sopan.

Dalam menutup aurat, seorang muslimah juga harus memperhatikan bagaimana cara memilih busana muslim yang sesuai dengan kepribadian dan bentuk tubuhnya. Harus dipilih busana muslim yang tidak hanya menutup aurat, tetapi juga mencerminkan kepribadian dan gaya hidupnya sehingga tetap terlihat cantik dan modis.

Kita juga harus memperhatikan adab dalam berhijab. Seorang muslimah harus menjaga etika dan akhlaknya ketika berhijab. Jangan sampai ketika berhijab malah berperilaku tidak sopan seperti mengumbar kesombongan atau membanggakan pakaian yang dikenakan. Berhijab harus disertai dengan tata cara dalam berbusana dan berperilaku yang baik.

Demikianlah surat tentang menutup aurat ini. Semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang betapa pentingnya menutup aurat bagi seorang muslimah. Dengan menjaga aurat, seorang muslimah akan memperoleh kehormatan dan penghormatan dari Allah SWT dan manusia lainnya. Semoga kita semua selalu dijaga oleh Allah SWT dan selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan ajaran-Nya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Also Read

Bagikan: