Syarat-syarat Wajib Zakat Fitrah

Dina Yonada

Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yang dikeluarkan pada malam atau pagi hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah memberikan manfaat yang sangat besar bagi penerima zakat. Banyak yang menerapkan zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Berikut adalah syarat-syarat wajib zakat fitrah yang wajib diketahui.

Syarat Pertama: Umat Islam

Syarat utama bagi seseorang untuk melaksanakan zakat fitrah adalah menjadi seorang Muslim. Sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan kepada Allah SWT, zakat fitrah wajib dilakukan oleh umat Islam.

Syarat Kedua: Minimal Sama dengan Zakat Fitrah

Setiap orang yang ingin membayar zakat fitrah wajib mengetahui minimal besarnya zakat fitrah. Penerima zakat fitrah sendiri adalah fakir miskin yang berada di sekitar kita. Oleh karena itu, jumlah zakat fitrah yang wajib dibayarkan minimal sama dengan harga satu sha kurma gajah atau sebesar Rp. 25.000,-

Syarat Ketiga: Tepat Waktu

Syarat ketiga dalam wajibnya zakat fitrah adalah tepat waktu. Zakat fitrah harus dibayarkan pada malam atau pagi hari raya Idul Fitri. Hal ini sesuai dengan hukum syariat dalam Islam.

Syarat Keempat: Menunjukkan Kepemilikan

Setiap orang yang ingin membayar zakat fitrah harus menunjukkan kepemilikannya. Zakat fitrah harus dibayarkan oleh setiap anggota keluarga seperti ayah, ibu, dan anak. Namun, jika anak sudah memiliki penghasilan tetap, maka anak tersebut sudah wajib membayar zakat fitrah sendiri.

BACA JUGA:   Hukum Bayar Zakat Fitrah Online: Panduan Lengkap

Syarat Kelima: Dibayarkan Dalam Bentuk Makanan Pokok

Zakat fitrah harus dibayarkan dalam bentuk makanan pokok. Hal ini berarti zakat fitrah harus dibayarkan dalam bentuk beras, gandum, jagung, dan sejenisnya. Namun, jika tidak memungkinkan untuk membayar dalam bentuk makanan pokok, maka dapat dibayarkan dalam bentuk uang yang setara dengan harga makanan pokok.

Syarat Keenam: Dibayarkan Sebelum Sholat Idul Fitri

Zakat fitrah harus dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri. Ketika melakukan pembayaran, pastikan bahwa zakat fitrah sudah dibayarkan sebelum sholat Idul Fitri.

Syarat Ketujuh: Membayar dengan Sukarela

Zakat fitrah harus dibayarkan dengan sukarela. Dalam Islam sendiri, zakat fitrah ditujukan untuk membantu fakir miskin yang berada di sekitar kita. Oleh karena itu, pembayaran zakat fitrah harus dilakukan dengan suka rela tanpa paksaan dari pihak manapun.

Kesimpulan

Maka demikianlah tujuh syarat wajib zakat fitrah yang harus diketahui oleh umat Islam. Dengan menjalankan zakat fitrah dengan benar, kita akan merasakan manfaat yang besar bagi diri kita sendiri, fakir miskin yang berada di sekitar kita, dan umat Islam pada umumnya. Semoga dengan pembayaran zakat fitrah yang tepat waktu dan sukarela, kita selalu diberikan limpahan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: