Tata Cara Tasmiyah: Panduan Lengkap untuk Berdoa Sebelum Makan

Dina Yonada

Tata Cara Tasmiyah: Panduan Lengkap untuk Berdoa Sebelum Makan
Tata Cara Tasmiyah: Panduan Lengkap untuk Berdoa Sebelum Makan

Apakah Anda sering diberi makanan oleh orang lain atau membeli makanan di luar? Jika iya, penting untuk mengetahui tata cara tasmiyah.

Tata cara tasmiyah adalah doa sebelum makan yang dilakukan oleh umat Muslim. Melakukan tasmiyah saat akan memakan makanan adalah sunnah dan dianggap sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Di artikel ini, kita akan membahas secara detail tata cara tasmiyah dan mendiskusikan pentingnya melakukannya sebelum makan.

Apa Itu Tasmiyah?

Tasmiyah merupakan sebuah doa singkat yang dilakukan sebelum memakan makanan untuk mengakui keberadaan Allah SWT sebagai sumber rezeki. Kata “tasmiyah” berasal dari kata “samm” yang berarti “memuliakan”.

Doa atau tasmiyah yang dilakukan sebelum makan juga sering dikenal dengan istilah “bismillah”. Bismillah adalah kata pembuka dalam Bahasa Arab yang berarti “dengan nama Allah”.

Tasmiyah sebelum makan adalah penting bagi umat Muslim karena bertindak sebagai pengingat bahwa makanan yang akan dikonsumsi adalah berkat dari Tuhan dan ucapan terima kasih atas nikmat makanan itu harus dilakukan.

Karena itu, tata cara tasmiyah tidak hanya berlaku pada makanan yang halal, tetapi juga pada makanan yang dianggap haram atau tidak dianjurkan.

Keutamaan Tasmiyah

Melakukan tasmiyah sebelum makan memiliki banyak keutamaan, baik bagi kesehatan fisik maupun spiritual. Berikut beberapa keutamaan yang dapat diambil dari tasmiyah:

  1. Membuat kita lebih sadar akan keberadaan Allah SWT

Dengan melakukan tasmiyah sebelum makan, kita tidak hanya mengakui keberadaan Allah SWT sebagai sumber rezeki, tetapi juga sebagai pencipta segalanya. Ini membuat kita lebih sadar dan tentram bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini, termasuk makanan yang kita konsumsi, adalah karunia dari Tuhan.

  1. Menghindari makanan yang haram
BACA JUGA:   Cara Berdagang Menurut Islam: Panduan Lengkap untuk Pengusaha Muslim

Melakukan tata cara tasmiyah sebelum makan memiliki fungsi penting dalam menjaga kebersihan makanan dan menghindari makanan yang haram. Dalam Al-Quran, dinyatakan bahwa Allah SWT melarang kita untuk mengkonsumsi makanan yang tidak halal.

Dengan melakukan tasmiyah sebelum makan, kita mendekati makanan dengan rasa hormat dan bijaksana, sehingga akan membantu kita menghindari makanan yang tidak layak.

  1. Meningkatkan kesadaran dalam makan

Melakukan tasmiyah sebelum makan juga dapat membantu meningkatkan kesadaran kita dalam mengonsumsi makanan. Ketika kita bersyukur atas nikmat makan, kita akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya dan berusaha untuk tidak mubadzir atau berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

Tata Cara Tasmiyah

Tata cara tasmiyah sebelum makan terbilang cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah. Yang perlu dilakukan adalah membaca doa tasmiyah atau bismillah sebelum memulai menyantap makanan.

Berikut adalah tata cara tasmiyah yang dapat diikuti:

  1. Mencuci tangan dan mempersiapkan diri untuk makan.
  2. Membaca doa tasmiyah atau bismillah sebelum memulai makan.
  3. Mengonsumsi makanan dengan porsi secukupnya.
  4. Makan dengan santun dan bersih, serta tidak membual kemampuan dalam mengkonsumsi makanan.
  5. Memberikan ucapan terima kasih setelah selesai makan.

Dalam praktiknya, tasmiyah dapat dilakukan dengan membaca doa singkat “Bismillahi wa’ala barakatillah” sebelum makan. Doa ini secara harfiah berarti “dengan nama Allah dan atas berkah-Nya”.

Kesimpulan

Melakukan tata cara tasmiyah sebelum makan penting bagi umat Muslim karena membantu mengakui keberadaan Allah SWT sebagai sumber rezeki, menghindari makanan yang haram, dan meningkatkan kesadaran dalam makan.

Doa tasmiyah dapat dibaca dengan mudah dengan membaca doa singkat “Bismillahi wa’ala barakatillah” sebelum memulai makan.

Mari kita lakukan tata cara tasmiyah setiap kali akan memulai menyantap makanan sehingga kita bisa lebih sadar dan bersyukur atas nikmat makanan yang ada di hadapan kita.

Also Read

Bagikan: