Tips Hemat Biaya Nikah Siri Bawah Tangan – Biaya Penghulu hingga Transport Menuju Lokasi

Dina Yonada

Tips Hemat Biaya Nikah Siri Bawah Tangan – Biaya Penghulu hingga Transport Menuju Lokasi
Tips Hemat Biaya Nikah Siri Bawah Tangan – Biaya Penghulu hingga Transport Menuju Lokasi

Biaya Nikah di Bawah Tangan? Simak Lebih Jauh

Apakah kamu menemukan bahwa biaya nikah siri tergolong mahal? Memang tak bisa dipungkiri jika biaya nikah siri bisa membuat kantong menjadi lebih tipis. Beberapa penghulu bahkan mematok tarif atau biaya untuk nikah siri sebesar Rp850 ribu hingga Rp1,5 juta. Jika penghulu diundang ke tempat calon mempelai di hotel, apartemen, restoran atau rumah, maka biaya akan ditambah dengan tarif transport untuk menuju lokasi.

Namun, jangan sampai biaya nikah siri membuatmu malas untuk menikah. Kamu juga bisa melakukan nikah bawah tangan, yaitu melaksanakan akad nikah tanpa melalui penghulu. Dengan melakukan nikah bawah tangan, kamu bisa menghemat biaya nikah.

Perlu kamu ketahui bahwa nikah bawah tangan saja sudah cukup sah di dalam hukum positif Indonesia. Kamu dan pasangan hanya perlu menyusun surat pernyataan nikah secara mandiri dan ditandatangani oleh kedua belah pihak yang kemudian disahkan di depan notaris. Kamu juga bisa menyalurkan biaya nikah yang kamu hemat dari penghulu kepada pasangan atau keluarga yang membutuhkan.

Jangan salah paham, nikah bawah tangan bukan berarti tidak sah secara agama. Karena yang membuat sah dalam agama adalah ijab kabul dan wali, bukan penghulu. Penghulu hanya berfungsi sebagai saksi dan administrasi secara hukum positif, sehingga bisa mengeluarkan surat nikah. Tetapi, bagi sebagian pasangan, nikah di hadapan Tuhan dan keluarga saja sudah cukup sah tanpa adanya penghulu.

Namun, harus diingat bahwa nikah bawah tangan ini memiliki beberapa risiko seperti kesulitan untuk mendapatkan surat nikah yang sah, kesulitan untuk melakukan pernikahan siri, dan banyak lagi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan segala hal sebelum memutuskan untuk menikah bawah tangan.

BACA JUGA:   Hukum Tajdidun Nikah Nu Online: Langkah Hukum Untuk Memperbaharui Nikah dalam Era Digital

1. Biaya Nikah Siri

Seperti yang sudah disebutkan tadi, biaya nikah siri bisa cukup mahal. Kamu perlu membayar penghulu atau ustadz yang akan memimpin akad nikah, serta biaya administrasi lainnya seperti akta nikah, buku nikah, dan surat nikah. Belum lagi tambahan biaya transportasi jika penghulu harus datang ke tempat kamu.

2. Keuntungan Nikah Bawah Tangan

Keuntungan dari nikah bawah tangan adalah kamu bisa menghemat biaya nikah. Kamu juga bisa melakukan akad nikah di mana saja tanpa perlu memikirkan jadwal penghulu. Selain itu, kamu juga bisa lebih bebas memilih konsep dan tema pernikahanmu tanpa perlu memikirkan keterbatasan penghulu.

3. Risiko Nikah Bawah Tangan

Seperti yang sudah dijelaskan, nikah bawah tangan memiliki beberapa risiko seperti kesulitan untuk mendapatkan surat nikah yang sah dan melakukan pernikahan siri. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dan konsultasi sebelum memutuskan untuk menikah bawah tangan.

4. Cara Melakukan Nikah Bawah Tangan

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah bawah tangan, kamu bisa melakukan akad nikah di hadapan notaris. Notaris akan menyusun surat pernyataan nikah yang kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak. Surat pernyataan tersebut harus dicap stempel notaris dan dilengkapi dengan KTP dan foto pasangan yang akan menikah.

Setelah surat pernyataan selesai dibuat dan ditandatangani, kamu bisa melangsungkan pesta pernikahanmu. Kamu bisa mengundang keluarga, teman, atau kerabat yang ingin memeriahkan acaramu.

Strategi menikah bawah tangan mungkin terdengar lebih mudah dan hemat biaya, tetapi kamu tetap harus mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensi dari tindakanmu tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa informasi dan melakukan konsultasi terlebih dahulu. Semoga tulisan ini bisa membantumu dalam menentukan pilihan dan membantu kamu menghemat biaya nikah!

Also Read

Bagikan:

Tags