Tips Hemat Menikah dengan Biaya 8 Juta Rupiah

Dina Yonada

Tips Hemat Menikah dengan Biaya 8 Juta Rupiah
Tips Hemat Menikah dengan Biaya 8 Juta Rupiah

Biaya Nikah yang Murah? Tidak Bersalah!

Apa yang Membuat Biaya Pernikahan Mahal?

Menikah merupakan saat yang paling membahagiakan dan diimpikan bagi kebanyakan orang. Namun, di balik kebahagiaan tersebut, banyak pasangan yang merasa tertekan dengan biaya pernikahan yang semakin tinggi. Sebelum membahas mengenai cara menikah dengan biaya yang murah, ada baiknya untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat biaya pernikahan mahal.

1. Lokasi dan transportasi

Memilih lokasi pernikahan yang eksklusif semisal pantai atau gedung mewah tentunya akan memakan biaya yang tinggi. Selain itu, biaya transportasi dan akomodasi juga perlu diperhitungkan terutama jika tamu undangan yang datang berasal dari luar kota.

2. Dekorasi

Dekorasi pernikahan juga menjadi faktor penting yang memengaruhi biaya pernikahan. Pernikahan dengan konsep yang mewah dan menarik tentunya memiliki dekorasi yang lebih mahal daripada konsep yang sederhana.

3. Gaun Pengantin dan Rias Pengantin

Satu lagi faktor yang memengaruhi biaya pernikahan adalah gaun pengantin dan jasa rias pengantin. Tak jarang calon pengantin menyewa gaun pengantin dan jasa rias pengantin dengan harga yang cukup mahal.

Menikah dengan Biaya yang Murah? Mengapa Tidak?

Menikah dengan biaya yang murah bukan berarti membantah kualitas dari pernikahan itu sendiri. Sebaliknya, menikah dengan biaya yang murah dapat menjadi alasan untuk memfokuskan pada hal-hal yang lebih penting yaitu ikatan cinta dua insan yang akan menikah. Ada beberapa tips untuk menikah dengan biaya yang murah, diantaranya:

1. Memilih Lokasi Pernikahan yang Sederhana

Lokasi pernikahan yang sederhana seperti halaman rumah atau restoran kecil dengan konsep vintage dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menikah dengan biaya yang murah. Selain itu, menikah di pagi atau sore hari juga dapat mengurangi biaya-biaya yang cukup signifikan.

BACA JUGA:   Menjelang 2023: Syarat dan Batasan Umur Menikah, Pria Harus Berusia Minimal 19 Tahun

2. Menghemat Gaun Pengantin

Jika ingin menikah dengan biaya yang murah, Anda tidak harus membeli gaun pengantin yang mahal. Anda bisa membeli gaun pengantin dengan harga terjangkau atau menyewa gaun pengantin.

3. Hiasan Sederhana Tidak Berarti Kurang Bagus

Dekorasi sederhana dengan bunga-bunga yang dipilih dari kebun sendiri maupun hiasan diy berupa lampu benang kira-kira akan membuat pernikahan terasa lebih intim dan personal. Selain itu, gaya minimalis pada dekorasi juga dapat membantu penghematan dana.

Kesimpulan

Biaya pernikahan memang banyak memengaruhi para calon pengantin dalam membuat keputusan pernikahan. Tetapi, sebesar apapun jumlah uang yang dikeluarkan untuk pernikahan bukan jaminan kebahagiaan. Memilih menikah dengan biaya yang murah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan yang ingin fokus dalam membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Tetaplah bersabar, yakin, dan berdoa. Semoga jalan menuju pernikahan berjalan lancar dan mendapatkan ridho Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags