Tujuan Menutup Aurat: Mengapa Penting untuk Dilakukan?

Huda Nuri

Tujuan Menutup Aurat: Mengapa Penting untuk Dilakukan?
Tujuan Menutup Aurat: Mengapa Penting untuk Dilakukan?

Tujuan menutup aurat adalah untuk menjaga kesucian dan kehormatan diri kita sebagai manusia. Kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk menjaga aurat kita dari pandangan yang tidak senonoh. Aurat sendiri adalah bagian tubuh yang harus ditutupi, baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Dalam Islam, bagi perempuan, aurat meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan untuk laki-laki, auratnya adalah dari pusar hingga lutut. Tujuan utama dari menutup aurat ini adalah untuk melindungi diri kita dari godaan syahwat serta menjaga kesucian diri kita.

Namun, penutupan aurat tidak hanya berlaku pada pakaian luar saja. Tetapi juga pada perilaku, ucapan dan pandangan mata kepada lawan jenis. Karena ketika kita menutup aurat, kita kemudian membangun kesucian dalam hati dan pikiran kita, serta menjaga kesopanan dan tata krama dalam pergaulan.

Bagi sebagian orang, menutup aurat dapat dianggap sebagai sesuatu yang membosankan, terutama bagi generasi muda. Namun, sebenarnya hal tersebut bergantung pada bagaimana kita melihatnya. Justru, dengan menutup aurat kita menunjukkan keberanian dan keteguhan dalam prinsip yang kita pegang. Kita bisa membuktikan bahwa kita mampu untuk mempertahankan nilai-nilai keislaman dan menjaga integritas diri kita.

Selain menjaga diri dari godaan syahwat, menutup aurat juga bermanfaat untuk kesehatan dan keamanan diri kita. Ketika kita menutup aurat dengan baju yang longgar, kita juga mengurangi risiko terkena penyakit kulit karena aus atau bergesekan dengan kulit lainnya. Begitu pula juga dengan keamanan diri kita, menutup aurat dengan baju yang longgar dapat meminimalisir risiko orang yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan kejahatan terhadap kita.

Menutup aurat juga menunjukkan kita sebagai muslim yang berakhlak mulia dan terhormat. Dengan menutup aurat, maka kita juga memperlihatkan rasa hormat dan menghargai orang disekitar kita. Kita juga bisa menjadi contoh bagi keluarga kita, serta memberikan ajaran yang benar dan baik bagi orang lain.

BACA JUGA:   Gambar Batasan Aurat Laki-Laki: Apa Itu dan Bagaimana Menentukannya?

Dalam hal penutupan aurat, kita disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar namun tidak mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Pakaian yang sebaiknya dikenakan adalah yang bersifat sopan dan tertutupi dengan baik serta tidak transparan. Dalam hal ini, kita sebaiknya memperhatikan warna dan desain pakaian yang kita kenakan, sehingga tidak menarik perhatian secara negatif.

Kesimpulannya, tujuan menutup aurat adalah untuk menjaga kesucian, membangun karakter sebagai muslim yang berakhlak mulia dan terhormat, serta menjaga kesopanan dalam pergaulan sehari-hari. Menutup aurat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan keamanan diri kita, namun juga menjadi bentuk penghormatan dan penyampaian nilai yang baik bagi orang disekitar kita. Oleh karena itu, sebagai muslim, kita hendaknya memperhatikan dan mengamalkan penutupan aurat dengan baik.

Also Read

Bagikan: